PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI PENERAPAN METODE PQ4R BERBANTUAN MIND MAPPING PADA SISWA KELAS V-A SDN JATIKRAMAT VI

AFNI NURAINI, . (2025) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI PENERAPAN METODE PQ4R BERBANTUAN MIND MAPPING PADA SISWA KELAS V-A SDN JATIKRAMAT VI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
FILE COVER.pdf

Download (952kB)
[img] Text
File BAB 1.pdf

Download (296kB)
[img] Text
File BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (500kB) | Request a copy
[img] Text
File BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (445kB) | Request a copy
[img] Text
File BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
File BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB) | Request a copy
[img] Text
File DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (247kB)
[img] Text
File LAMPIRAN_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan sebagai upaya dalam meningkatkan keterampilan membaca pemahaman melalui penerapan metode PQ4R berbantuan mind mapping di SDN Jatikramat VI. Bentuk penelitian yang dijalankan ialah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek siswa kelas V-A berjumlah 23 siswa diantaranya, 9 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Penelitian tindakan kelas dilakukan melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi pada setiap siklus. Indikator keberhasilan penelitian apabila 80% siswa mencapai KKTP, yaitu 75 dan 85% pencapaian persentase keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode PQ4R berbantuan mind mapping. Adapun ketuntasan klasikal pada siklus I mencapai 70% (16 dari 23 siswa tuntas). Kemudian, terjadi peningkatan pada siklus II mencapai 87% (20 dari 23 siswa tuntas). Sementara itu, pada siklus I instrumen pengamatan tindakan menunjukkan persentase 80% untuk tindakan guru dan 77% untuk tindakan siswa. Pada siklus II meningkat menjadi 90% untuk tindakan guru dan 87% untuk tindakan siswa. Kesimpulan dari keseluruhan hasil analisis penelitian adalah metode PQ4R berbantuan mind mapping dalam pembelajaran terbukti mampu meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V-A SDN Jatikramat VI. ***** This study aims to improve reading comprehension skills through the application of the PQ4R method assisted by mind mapping at SDN Jatikramat VI. The form of research carried out is Classroom Action Research (CAR) with 23 students as subjects of class V-A, including 9 male students and 14 female students. Classroom action research is carried out through the stages of planning, implementation, observation and reflection in each cycle. The indicator of research success if 80% of students achieve KKTP, namely 75 and 85% achievement of the percentage of learning implementation using the PQ4R method assisted by mind mapping. The classical completeness in cycle I reached 70% (16 out of 23 students completed). Then, there was an increase in cycle II reaching 87% (20 out of 23 students completed). Meanwhile, in cycle I the action observation instrument showed a percentage of 80% for teacher actions and 77% for student actions. In cycle II it increased to 90% for teacher actions and 87% for student actions. The conclusion of the overall results of the research analysis is that the PQ4R method assisted by mind mapping in learning has been proven to be able to improve the reading comprehension skills of class V-A students at SDN Jatikramat VI.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Anggit Aruwinyantoko, M.Pd. ; 2). Dr. Prayuningtyas Angger Whardani, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Afni Nuraini .
Date Deposited: 01 Aug 2025 03:11
Last Modified: 01 Aug 2025 03:11
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/57257

Actions (login required)

View Item View Item