PENGEMBANGAN FRONTEND LEARNING MANAGEMENT SYSTEM BERBASIS WEB DENGAN METODE PROTOTYPING UNTUK SMK NEGERI 46 JAKARTA

MUHAMMAD RAFSANJANI ALFARISI, . (2025) PENGEMBANGAN FRONTEND LEARNING MANAGEMENT SYSTEM BERBASIS WEB DENGAN METODE PROTOTYPING UNTUK SMK NEGERI 46 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (975kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (377kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (892kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (326kB)
[img] Text
LAMPIRAN SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

SMK Negeri 46 Jakarta menghadapi permasalahan dalam pengelolaan proses pembelajaran daring yang masih bergantung pada platform eksternal seperti Google Classroom, yang tidak mendukung personalisasi visual sekolah dan tidak menyediakan fitur khusus yang memungkinkan siswa untuk memilih dan bergabung ke dalam kelas yang sesuai dengan jurusan dan tingkat kelas mereka. Penelitian ini bertujuan merancang frontend Learning Management System (LMS) berbasis web untuk SMK Negeri 46 Jakarta dengan menggunakan metode prototyping. Metode ini dipilih untuk mendukung pengembangan LMS secara iteratif dan melibatkan partisipasi aktif pengguna, guna meningkatkan efisiensi dan kepuasan pengguna terhadap LMS. Prosedur pengembangan meliputi analisis kebutuhan pengguna, perancangan LMS, implementasi, evaluasi, dan penggunaan LMS oleh pengguna akhir. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, kuesioner, dan studi literatur untuk mendukung proses analisis kebutuhan dan evaluasi LMS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode prototyping efektif dalam mengidentifikasi kebutuhan dan preferensi pengguna serta meningkatkan kinerja dan keandalan LMS. Evaluasi dilakukan dengan pendekatan functional suitability melalui Black Box Testing dan User Acceptance Testing (UAT). Hasil pengujian menunjukkan seluruh fitur dalam LMS telah berfungsi secara optimal dengan pencapaian skor 100% pada kriteria feature completeness. Adapun tingkat kepuasan pengguna menunjukkan hasil yang sangat baik, yakni sebesar 95,46% untuk siswa, 91,31% untuk guru, dan 100% untuk admin. LMS berhasil dikembangkan hingga tahap integrasi frontend dan backend yang berjalan dengan baik. Penelitian ini memberikan saran untuk pengembangan lebih lanjut, seperti penambahan fitur computer-based test (CBT), dukungan perangkat mobile, integrasi notifikasi real-time, serta pemanfaatan framework modern seperti React atau Vue.js untuk meningkatkan kinerja dan responsivitas antarmuka pengguna. ***** SMK Negeri 46 Jakarta faces challenges in managing online learning processes due to its continued reliance on external platforms such as Google Classroom. These platforms do not support school-specific visual personalization and lack specialized features that allow students to select and join classes according to their major and grade level. This study aims to design a web-based frontend for a Learning Management System (LMS) tailored to the needs of SMK Negeri 46 Jakarta using the prototyping method. This method was chosen to support iterative system development and active user participation, with the goal of improving the efficiency and user satisfaction of the LMS. The development process included user needs analysis, LMS design, implementation, evaluation, and end-user testing. Data collection was carried out through observation, interviews, questionnaires, and literature review to support the analysis and evaluation phases. The results show that the prototyping method is effective in identifying user needs and preferences, as well as enhancing the performance and reliability of the LMS. Evaluation was conducted using a functional suitability approach through Black Box Testing and User Acceptance Testing (UAT). The testing results indicate that all LMS features function optimally, achieving a 100% feature completeness score. User satisfaction levels also reflect highly positive responses, with 95.46% from students, 91.31% from teachers, and 100% from administrators. The LMS was successfully developed with well-functioning frontend and backend integration. This study recommends further development by adding features such as computerbased testing (CBT), mobile device support, real-time notification integration, and the use of modern frameworks such as React or Vue.js to enhance user interface performance and responsiveness.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Widodo, S.Kom., M.Kom. ; 2). Via Tuhamah Fauziastuti, S.Si., M.Ed.
Subjects: Karya Umum > Karya Tulis Perguruan TInggi
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Komputer
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Informatika Komputer
Depositing User: Muhammad Rafsanjani Alfarisi .
Date Deposited: 01 Aug 2025 03:45
Last Modified: 01 Aug 2025 03:45
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/57268

Actions (login required)

View Item View Item