HUBUNGAN SELF TALK POSITIF TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI PADA SISWA AKADEMI SEPAK BOLA BINA TARUNA U13

WISNU WARDHANA, . (2025) HUBUNGAN SELF TALK POSITIF TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI PADA SISWA AKADEMI SEPAK BOLA BINA TARUNA U13. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (901kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (311kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (450kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (519kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (505kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (260kB)
[img] Text
LAMPIRAN DAN RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

HUBUNGAN SELF TALK POSITIF TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI PADA SISWA AKADEMI SEPAK BOLA BINA TARUNA U13 ABSTRAK Faktor psikologis berperan sangatlah didalam dunia olahraga diera yang modern ini. Self talk positif dan kepercayaan diri dapat digunakan untuk membantu meningkatkan performa dengan meningkatkan usaha, atensi, kontrol, dan emosi, serta juga meningkatkan keyakinan pada siswa atau pemain dalam hal bermain sepak bola. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat self talk positif, tingkat kepercayaan diri dan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara self talk positif terhadap kepercayaan diri pada Siswa Akademi Sepak Bola Bina Taruna U13. Pada penelitian merupakan penelitian korelasi dengan menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Subjek dalam penelitian ini adalah Siswa Akademi Sepak Bola Bina Taruna U13 dengan jumlah 25 siswa. Instrumen pengambilan data menggunakan skala self talk positif dan skala kepercayaan diri. Uji validitas melalui validasi ahli, sedangkan uji reliabilitas menggunakan teknik alpha cronbach dengan koefisien 0,748 untuk skala self talk positif, sedangkan koefisien skala kepercayaan diri sebesar 0,896. Berdasarkan hasil dari penelitian dapat diperoleh sebagai berikut: 1. Berdasarkan hasil kategorisasi self talk positif dalam penelitian ini sebagian besar siswa atau pemain dalam kategorisasi sedang yaitu 72%. 2. Berdasarkan kategorisasi kepercayaan diri dalam penelitian ini sebagian besar berada dalam kategorisasi sedang yaitu 60%. 3. Terdapat hubungan positif (r=0,799) dan signifikan (0,001 < 0,05) antara self talk positif terhadap kepercayaan diri siswa atau pemain Akademi Sepak Bola Bina Taruna U13. Semakin tinggi tingkat self talk positif yang dimiliki siswa atau pemain maka semakin tinggi tingkat kepercayaan diri pada siswa atau pemain. Oleh karena itu seorang siswa khususnya pada siswa sepak bola akademi dapat menerapkan self talk positif untuk meningkatkan kepercayaan diri dalam hal bermain sepak bola ketika bertanding maupun berlatih. Kata Kunci : Self Talk Positif, Kepercayaan Diri, Siswa Akademi Bina Taruna ***** THE RELATIONSHIP BETWEEN POSITIVE SELF TALK AND SELF CONFIDENCE IN STUDENTS OF BINA TARUNA U13 FOOTBALL ACADEMY ABSTRACT Psychological factors play a very important role in the world of sports in this modern era. Positive self-talk and self-confidence can be used to help improve performance by increasing effort, attention, control, and emotion, as well as increasing confidence in students or players in playing soccer. This study aims to determine the level of positive self-talk, the level of self-confidence and to determine whether there is a relationship between positive self-talk and self-confidence in Bina Taruna U13 Football Academy Students. This study is a correlation study using quantitative methods. The sampling technique uses the total sampling technique. The subjects in this study were Bina Taruna U13 Football Academy Students with a total of 25 students. The data collection instrument used a positive self-talk scale and a self-confidence scale. Validity testing through expert validation, while the reliability test used the alpha cronbach technique with a coefficient of 0.748 for the positive self-talk scale, while the self-confidence scale coefficient was 0.896. Based on the results of the study, the following can be obtained: 1. Based on the results of the categorization of positive self-talk in this study, most students or players were in the moderate category, namely 72%. 2. Based on the categorization of self-confidence in this study, most of them are in the moderate category, namely 60%. 3. There is a positive relationship (r = 0.799) and significant (0.001 <0.05) between positive self-talk and self-confidence of students or players of the Bina Taruna U13 Football Academy. The higher the level of positive self-talk owned by students or players, the higher the level of self-confidence in students or players, and vice versa if the level of positive self-talk owned by students is lower the level of self-confidence in students. Therefore, a student, especially a football academy student, can apply positive self-talk to increase self-confidence in playing football when competing or practicing. Keywords : Positive Self-Talk, Self-Confidence, Bina Taruna Academy Students

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). MUCHTAR HENDRA HASIBUAN, M.Pd 2). YULIASIH, S.Or., M.Pd
Subjects: Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga > Aneka Olah Raga > Sepakbola
Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga
Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga > Aneka Olah Raga
Divisions: FIO > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Users 28257 not found.
Date Deposited: 05 Aug 2025 01:22
Last Modified: 05 Aug 2025 01:22
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/57296

Actions (login required)

View Item View Item