PNIEL SHENA, . (2020) PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS E-MODUL UNTUK PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK PEMESINAN PADA KELAS INDUSTRI DI SMK. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (207kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (552kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (311kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (288kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Download (133kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (208kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Kelas Industri di SMK merupakan program baru yang disahkan oleh pemerintah dalam rangka mengurangi pengangguran di Indonesia dengan cara mengembangkan Sumber Daya Manusia usia produktif. Masih banyak kekurangan pada sistem pembelajaran di Kelas Idustri terutama pada media pembelajarannya yang masih belum memadai. Dengan demikian tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah merancang media pembelajaran berbasis e-modul untuk peserta didik, teknik pemesinan di kelas industri. E-modul berisi materi, gambar, video, dan soal yang disertai dengan kunci jawaban agar peserta didik juga dapat belajar mandiri. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development (R&D) dengan proses pengembangannya menggunakan model Borg and Gall yang dilakukan hanya sampai tahap Validation Test (Uji Validasi), karena penelitian ini hanya sebatas merancang dan menghasilkan produk media pembelajaran yang valid untuk diimplementasikan berdasarkan penilaian validator. Instrumen pengumpulan data terdiri dari lembar validasi ahli materi yang diberikan kepada 3 (tiga) orang validator. Penelitian ini menunjukan bahwa hasil validasi yang dilakukan diperoleh persentase rata-rata penilaian sebesar 98,63% dengan kategori layak. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis e-modul sudah valid untuk digunakan pada Program Keahlian Teknik Pemesinan untuk Kelas Industri di SMK. Kata kunci: Media pembelajaran, e-modul, kelas industri ABSTRACT Industrial Class in Vocational Schools is a new program approved by the government in order to reduce unemployment in Indonesia by developing Human Resources of productive age. There are still many shortcomings in the learning system in the Industrial Class, especially in the learning media which are still inadequate. Thus the objective to be achieved from this research is to design e-module based learning media for students, machining techniques in industrial class. The e-module contains material, pictures, videos, and questions that are accompanied by answer keys so that students can also learn independently. The research method used is the Research and Development (R&D) method with the development process using the Borg and Gall model which is carried out only until the Validation Test, because this research is only limited to designing and producing valid learning media products to be implemented based on validator ratings . The data collection instrument consisted of a material expert validation sheet given to 3 (three) validators. This study shows that the validation results obtained an average percentage rating of 98.63% with a decent category. Based on the results of research and discussion, it can be concluded that the e-module based learning media is valid for use in the Machining Engineering Skills Program for Industrial Classes in Vocational Schools. Keywords: Learning media, e-modules, industrial class
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). AHMAD KHOLIL, S. T., M. T. ; 2). Drs. SYARIPUDIN, M. Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | FT > S1 Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Users 2055 not found. |
Date Deposited: | 09 Apr 2020 21:53 |
Last Modified: | 09 Apr 2020 21:59 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/5738 |
Actions (login required)
View Item |