HUBUNGAN PERSEPSI KEMUDAHAN E-MODUL DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA ELEMEN SISTEM INSTALASI REFRIGERASI KELAS XI TPTUP DI SMKN 29 JAKARTA

TEUKU RAFLIANSYAH, . (2025) HUBUNGAN PERSEPSI KEMUDAHAN E-MODUL DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA ELEMEN SISTEM INSTALASI REFRIGERASI KELAS XI TPTUP DI SMKN 29 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI_COVER_TEUKU RAFLIANSYAH_1501621027.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI_BAB 1_TEUKU RAFLIANSYAH_1501621027.pdf

Download (405kB)
[img] Text
SKRIPSI_BAB 2_TEUKU RAFLIANSYAH_1501621027.pdf
Restricted to Registered users only

Download (579kB) | Request a copy
[img] Text
SKRIPSI_BAB 3_TEUKU RAFLIANSYAH_1501621027.pdf
Restricted to Registered users only

Download (699kB) | Request a copy
[img] Text
SKRIPSI_BAB 4_TEUKU RAFLIANSYAH_1501621027.pdf
Restricted to Registered users only

Download (560kB) | Request a copy
[img] Text
SKRIPSI_BAB 5_TEUKU RAFLIANSYAH_1501621027.pdf
Restricted to Registered users only

Download (391kB) | Request a copy
[img] Text
SKRIPSI_DAFTAR PUSTAKA_TEUKU RAFLIANSYAH_1501621027.pdf

Download (348kB)
[img] Text
SKRIPSI_LAMPIRAN_TEUKU RAFLIANSYAH_1501621027.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada elemen Sistem Instalasi Refrigerasi (SIR) di kompetensi keahlian Teknik Pemanasan, Tata Udara, dan Pendinginan (TPTUP) SMKN 29 Jakarta, di mana sebagian besar siswa belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebesar 75. Rendahnya pencapaian ini diduga dipengaruhi oleh dua faktor utama, yaitu persepsi terhadap kemudahan penggunaan media pembelajaran E-Modul dan tingkat motivasi belajar siswa.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi kemudahan penggunaan E-Modul dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa secara parsial maupun simultan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Data dikumpulkan melalui angket untuk variabel persepsi kemudahan E-Modul (X1) dan motivasi belajar (X2), serta dokumentasi nilai untuk variabel hasil belajar SIR (Y). Sampel terdiri dari 31 siswa kelas XI TPTUP 2 yang dipilih dengan teknik purposive sampling.Hasil analisis menunjukkan bahwa: (a) terdapat hubungan positif dan signifikan antara persepsi kemudahan E-Modul dengan hasil belajar, dengan nilai korelasi sedang (r = 0,526) dan signifikansi 0,002 < 0,05; (b) terdapat hubungan positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar, meskipun pada tingkat korelasi yang lemah (r = 0,383) dan signifikansi 0,033 < 0,05; serta (c) secara bersamaan, persepsi kemudahan E-Modul dan motivasi belajar memiliki hubungan yang signifikan terhadap hasil belajar dengan kontribusi sebesar 31,3% (R² = 0,313) dan signifikansi 0,005 < 0,05.Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa baik persepsi kemudahan E-Modul maupun motivasi belajar berkontribusi nyata terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Oleh karena itu, guru disarankan untuk merancang E-Modul yang mudah dipahami dan digunakan secara mandiri, serta menerapkan strategi pembelajaran yang dapat memotivasi siswa agar proses pembelajaran menjadi lebih efektif dan bermakna.*****This research is motivated by the low learning outcomes of students in the Refrigeration Installation System (SIR) element in the Heating, Air Conditioning, and Refrigeration Engineering (TPTUP) expertise competency of SMKN 29 Jakarta, where most students have not achieved the Minimum Completion Criteria (KKM) of 75. This low achievement is thought to be influenced by two main factors, namely the perception of the ease of use of E-Module learning media and the level of student learning motivation. This study aims to determine the relationship between the perception of the ease of use of E-Module and learning motivation on student learning outcomes partially and simultaneously. The research method used is quantitative with a correlational approach. Data were collected through questionnaires for the variables of perception of the ease of use of E-Module (X1) and learning motivation (X2), as well as documentation of values for the SIR learning outcome variable (Y). The sample consisted of 31 students of class XI TPTUP 2 selected using purposive sampling technique. The results of the analysis showed that: (a) there is a positive and significant relationship between the perception of the ease of E-Modules and learning outcomes, with a moderate correlation value (r = 0.526) and a significance of 0.002 < 0.05; (b) there is a positive and significant relationship between learning motivation and learning outcomes, although at a weak correlation level (r = 0.383) and a significance of 0.033 < 0.05; and (c) simultaneously, the perception of the ease of E-Modules and learning motivation have a significant relationship to learning outcomes with a contribution of 31.3% (R² = 0.313) and a significance of 0.005 < 0.05. Based on these results, it can be concluded that both the perception of the ease of E-Modules and learning motivation contribute significantly to improving student learning outcomes. Therefore, teachers are advised to design E-Modules that are easy to understand and use independently, and to implement learning strategies that can motivate students so that the learning process becomes more effective and meaningful.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Muksin, S.Pd., M.Pd. ; 2). Dr. Daryanto, M.T.
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Tinggi, Universitas
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Teuku Rafliansyah .
Date Deposited: 06 Aug 2025 00:06
Last Modified: 06 Aug 2025 00:06
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/57381

Actions (login required)

View Item View Item