PENGARUH MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @KEBUDAYAANJAKTIM TERHADAP KEBUTUHAN INFORMASI KEBUDAYAAN BETAWI TERKAIT KESENIAN LENONG BETAWI PADA MASYARAKAT (Studi Kuantitatif pada Likers Konten “Lenong Betawi” tanggal 20 November 2024)

IVANNA RUSLI, . (2025) PENGARUH MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @KEBUDAYAANJAKTIM TERHADAP KEBUTUHAN INFORMASI KEBUDAYAAN BETAWI TERKAIT KESENIAN LENONG BETAWI PADA MASYARAKAT (Studi Kuantitatif pada Likers Konten “Lenong Betawi” tanggal 20 November 2024). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (556kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (212kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Media sosial merupakan sarana komunikasi berbasis internet yang digunakan sebagai alat untuk berinteraksi antar individu tanpa mengenal jarak dan waktu. Suku Dinas Kebudayaan Kota Administrasi Jakarta Timur memanfaatkan media sosial Instagram sebagai sarana untuk menyebarkan informasi mengenai budaya Betawi kepada masyarakat. Untuk memenuhi kebutuhan informasi terkait kesenian Lenong Betawi pada likers, akun Instagram @kebudayaanaajaktim dipilih peneliti sebagai objek penelitian yang bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh media sosial Instagram @kebudayaanajaktim terhadap kebutuhan informasi kesenian Lenong Betawi pada likers. Penelitian ini menggunakan teori New Media yang menggambarkan bahwa media sosial berperan penting dalam proses komunikasi dan penyebaran informasi secara cepat. Terdapat dua variabel yang digunakan dalam penelitian ini, yakni variabel media sosial (X) dan variabel kebutuhan informasi (Y). Variabel media sosial (X) terdiri dari empat dimensi, yaitu social media use for communication, social media use for collaboration, social media use for education, dan social media use for entertainment. Sedangkan pada variabel kebutuhan informasi (Y) terdiri dari empat dimensi, yaitu current approach, everyday approach, exhaustic approach, dan catching-up approach. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah positivisme dengan pendekatan kuantitatif. Metode yang diterapkan pada penelitian ini adalah survei, dimana kuesioner penelitian disebarkan melalui fitur direct message Instagram dengan menggunakan platform Google Form.. Populasi dalam penelitian ini adalah likers konten “Lenong Betawi” pada 20 November 2024, yakni sebanyak 134 akun. Sampel diambil menggunakan teknik Non-probability melalui jenis purposive sampling dengan kriteria tertentu sebanyak 100 responden. Analisis data yang dilakukan meliputi analisis univariat dan bivariat melalui uji normalitas, uji linearitas, uji regresi linear sederhana, uji hipotesis dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konten Lenong Betawi yang diunggah pada akun Instagram @kebudayaanajaktim (X) tanggal 20 November 2024 memberikan pengaruh positif yang cukup kuat terhadap kebutuhan informasi likers (Y) terkait kesenian Lenong Betawi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa media sosial @kebudayaanjaktim berperan penting dalam memberikan kebutuhan informasi bagi likers terhadap kesenian Lenong Betawi. Peneliti menyarankan agar kedepannya Instagram @kebudayaanjaktim dapat lebih meningkatkan komunikasi yang efektif dalam memberikan informasi mendalam pada likers terhadap kesenian Lenong Betawi. ***** Social media is an internet-based communication tool used to enable interaction between individuals without limitations of distance and time. Suku Dinas Kebudayaan Kota Administrasi Jakarta Timur utilizes Instagram as a platform to share information about Betawi culture to the public. To fulfill the informational needs related to Lenong Betawi among its likers, the Instagram account @kebudayaanjaktim was chosen as the object of this research. The study aims to determine the extent to which the Instagram account @kebudayaanjaktim influences the information needs concerning Lenong Betawi among its followers. This research adopts the New Media Theory, which describes the significant role of social media in enabling fast communication and information dissemination. There are two variables used in this study: the independent variable (X), which is social media, and the dependent variable (Y), which is information needs. The social media variable (X) comprises four dimensions: social media use for communication, collaboration, education, and entertainment. Meanwhile, the information needs variable (Y) consists of four dimensions: current approach, everyday approach, exhaustive approach, and catching-up approach. The research is conducted under the positivist paradigm with a quantitative approach. The method applied is a survey, in which the questionnaire was distributed through Instagram’s direct message feature using the Google Forms platform. The population in this study includes the likers of the “Lenong Betawi” content posted on November 20, 2024, totaling 134 accounts. The sample was selected using a non-probability technique, specifically purposive sampling, with specific criteria resulting in 100 respondents. The data analysis includes univariate and bivariate analyses, using normality tests, linearity tests, simple linear regression analysis, hypothesis testing, and coefficient of determination tests. The results show that the Lenong Betawi content posted on the Instagram account @kebudayaanjaktim (X) on November 20, 2024, has a significantly positive influence on the information needs (Y) of its likers regarding Lenong Betawi. This study concludes that the Instagram account @kebudayaanjaktim plays an important role in fulfilling the information needs of its likers regarding Lenong Betawi. The researcher recommends that in the future, the Instagram account @kebudayaanjaktim enhances its communication strategies to provide more in-depth information to its followers regarding Lenong Betawi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Elisabeth Nugrahaeni Prananingrum, M.Si. 2). Nada Arina Romli, M.I.Kom.
Subjects: Ilmu Sosial > Komunikasi
Divisions: FIS > S1 Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ivanna Rusli .
Date Deposited: 05 Aug 2025 04:29
Last Modified: 05 Aug 2025 04:29
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/57401

Actions (login required)

View Item View Item