PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DKV DI SMKN 1 JAKARTA

ERDA DWI SEPTIANI, . (2025) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DKV DI SMKN 1 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (420kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (776kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (499kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (440kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (309kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi informasi telah memberikan pengaruh positif dan signifikan dalam bidang pendidikan, salah satunya melalui pemanfaatan media pembelajaran berbasis audiovisual seperti video animasi. Penelitian ini didasari oleh temuan observasi dan survei awal yang menunjukkan bahwa 63% siswa merasa penggunaan media pembelajaran konvensional seperti modul dan presentasi terlalu monoton dan 36% siswa merasa media tersebut tidak melibatkan siswa dan kurang interaktif pada materi desain grafis, sehingga belum cukup memberikan peningkatan pada motivasi belajar siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis video animasi pada materi desain grafis terhadap motivasi belajar siswa pada siswa/i XI DKV di SMK Negeri Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif asosiatif kausal yang bertujuan untuk menganalisis hubungan antara variabel satu dengan variabel lain yang bersifat sebab akibat atau pengaruh. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pre-experimental design dengan tipe one-shot case study di mana sampel diberikan suatu perlakuan dan kemudian diobservasi hasilnya tanpa adanya variabel kontrol dengan sampel yang tidak dipilih secara acak. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini ada sampel jenuh dengan melibatkan seluruh populasi yaitu siswa kelas XI DKV di SMKN 1 Jakarta dengan menggunakan analisis regresi linear sederhana sebagai teknik analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara penggunaan media pembelajaran video animasi terhadap motivasi belajar siswa, dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,842 dan koefisien determinasi sebesar 0,709. Hal tersebut mengindikasikan media animasi menyumbang kontribusi sebesar 70,9% terhadap peningkatan motivasi belajar siswa. ***** The development of information technology has had a positive and significant impact on education, particularly through the use of audiovisual-based learning media such as animated videos. This research was based on initial observations and surveys which showed that 63% of students perceived conventional learning media such as modules and slide presentations as too monotonous, while 36% stated that such media lacked student engagement and interactivity especially in graphic design subjects thus failing to sufficiently enhance student’s learning motivation. This study aims to measure the effect of animated video-based instructional media on students' learning motivation in the subject of graphic design among Grade XI DKV students at SMKN 1 Jakarta. This research used a causal associative quantitative approach to analyze the cause and effect relationship between variables. The research design applied was a pre-experimental design with a one-shot case study, in which the sample was given a treatment and then observed without a control group and without random sampling. The sampling technique used was total sampling, involving the entire population of Grade XI DKV students at SMKN 1 Jakarta. Data were analyzed using simple linear regression. The results showed a positive and significant effect of animated video learning media on students' learning motivation, with a correlation coefficient of 0.842 and a determination coefficient of 0.709, indicating that animated media contributed 70.9% to the increase in students’ learning motivation.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Muhammad Ficky Duskarnaen, M.Sc. ; 2). Via Tuhamah Fauziastuti, S.Si, M.Ed.
Subjects: Pendidikan > Evaluasi Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Komputer
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Informatika Komputer
Depositing User: Users 28531 not found.
Date Deposited: 04 Aug 2025 06:20
Last Modified: 04 Aug 2025 06:20
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/57406

Actions (login required)

View Item View Item