AGUS PRIANTO, . (2025) MODEL PEMBELAJARAN GERAK LOKOMOTOR BERBASIS PERMAINAN TERHADAP SISWA TUNAGRAHITA RINGAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERU JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (970kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (391kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (717kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (546kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (553kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (365kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (386kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN dan RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
*****ABSTRAK***** Penelitian ini bertujuan untuk membuat model Pembelajaran Gerak Lokomotor berbasis Permainan kecil terhadap siswa berkebutuhan khusus Tunagrahita ringan). Model yang disusun mengembangkan pembelajaran Gerak Lokomotor berbasis permainan ditujukan untuk meningkatkan minat siswa dalam melakukan pembelajaran olahraga (SLBN 10 Jakarta). Agar rancangan model dapat berjalan dengan baik dan benar, maka konsep model yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah Model Pengembangan ADDIE. Subjek pada penelitian ini adalah siswa SLBN 10 Jakarta dengan jumlah 8 anak. Pada penelitian ini peneliti bekerjasama dengan empat dosen ahli dan satu pelatih disabilitas sebagai expert judgement. Uji validitas yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan uji kelayakan, dimana model latihan berbasis permainan yang telah dibuat dikonsultasikan dan diuji cobakan. Pada penelitian ini di dapatkan 15 model permainan untuk Model Pembelajaran olahraga yang sesuai dan layak di terapkan. Adapun keunggulan dari permainan ini adalah bisa dengan mudah dimainkan oleh anak-anak berkebutuhan khusus Tunagrahita Ringan, tidak memerlukan alat yang sulit ditemukan dan menjadikan melakukan model pembelajaran yang menyenangkan serta memiliki banyak manfaat yang didapatkan. Adapun tujuan utama dari permainan ini yaitu untuk memeberikan fariasi pembelajaran Gerak lokomor pembelajaran untuk siswa SLBN 10 Jakarta, menarik ketertarikan Siswa untuk latihan dan menghilangkan rasa jenuh dalam belajar. Sehubung dengan kesimpulan hasil penelitian dan implikasi temuan-temuan yang diuraikan sebelumnya maka di sarankan : 1. Bagi anak berkebutuhan khusus tunagrahita di harapkan dengan adanya model pembeljaran berbasis permainan pada anak Tunagrahita ringan dapat menarik anak-anak tunagrahita untuk belajar lebih menyenangkan. 2. Bagi Guru di harapkan bisa menjadi model pembelajaran permainan yang lebih kreatif lagi 3. Untuk peneliti diharapkan bisa menjadi motivasi dan di harapkan dapat mengembangkan model pembelajaran berbasis permainan pada anak berkebutuhan khusus tunagrahita Ringan lebih baik lagi. Kata Kunci : pembelajaran, Gerak dasar, permainan,lokomor,Tunagrahita ringan. *****ABSTRACT***** This study aims to develop a locomotor movement learning model based on small games for students with mild intellectual disabilities. The developed model incorporates game-based learning to enhance students’ interest in participating in physical education (at SLBN 10 Jakarta). To ensure the model is designed and implemented correctly, the researcher used the ADDIE Development Model. The subjects of this study were 8 students from SLBN 10 Jakarta. The researcher collaborated with four expert lecturers and one disability coach for expert judgment. The validity test used in this study involved a feasibility test, where the game-based training model that had been created was consulted with experts and trialed. The study resulted in 15 game models that are appropriate and feasible for implementation in physical education learning.The advantages of this game-based model include its ease of use by children with mild intellectual disabilities, the use of easily accessible materials, and its ability to create a fun and beneficial learning experience. The primary goal of these games is to provide variation in locomotor movement learning for students at SLBN 10 Jakarta, attract their interest in training, and reduce boredom in learning.Based on the research findings and the implications described above, the following suggestions are made:1.For children with mild intellectual disabilities, it is expected that the game-based learning model can attract them to learn in a more enjoyable way.2.For teachers, it is hoped that this can serve as a model for creating more creative game-based learning.3.For researchers, this study is expected to serve as motivation and a basis for further developing game-based learning models for children with mild intellectual disabilities. Keywords: learning, basic movement, games, locomotor, mild intellectual disabilitie
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Drs. Mustara, M.Pd 2). Dr. Iwan Setiawan, M.Pd |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Khusus Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga |
Divisions: | FIO > Pendidikan Jasmani |
Depositing User: | AGUS PRIANTO . |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 03:54 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 03:54 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/57443 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |