ANIS CAHYA FADHILAH, . (2025) HUBUNGAN LITERASI DIGITAL DENGAN KEMAMPUAN DALAM MENGIDENTIFIKASI BERITA BOHONG (STUDI KUANTITATIF PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 252 JAKARTA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (403kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (540kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (453kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (516kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (337kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (355kB) |
![]() |
Text
Lampiran dan Riwayat Hidup.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara literasi digital dengan kemampuan mengidentifikasi berita bohong pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 252 Jakarta. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei, penelitian ini melibatkan 72 siswa yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner untuk mengukur literasi digital dan tes untuk menilai kemampuan mengidentifikasi berita bohong. Hasil analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana menunjukkan bahwa nilai signifikansi sebesar < 0,001, lebih kecil dari 0,05, yang berarti terdapat hubungan yang signifikan antara kedua variabel. Hasil t hitung yang menunjukkan nilai 18,787 dengan signifikansi < 0,001 menunjukkan bahwa literasi berkontribusi secara nyata terhadap kemampuan mengidentifikasi berita bohong. Nilai koefisien determinasi sebesar 0,834 mengindikasikan bahwa literasi digital memberikan kontribusi sebesar 83,4% terhadap kemampuan mengidentifikasi berita bohong. Hasil uji kolerasi produk momen yang menghasilkan nilai r = 0,914 yang termasuk ke dalam kategori sangat kuat. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa, terdapat hubungan yang sangat kuat dan positif antara literasi digital dan kemampuan mengidentifikasi berita bohong pada siswa SMP Negeri 252 Jakarta. ***** This study aims to determine the relationship between digital literacy and the ability to identify fake news in grade VIII students at SMP Negeri 252 Jakarta. Using a quantitative approach with a survey method, this study involved 72 students who were selected through purposive sampling techniques. The instruments used are questionnaires to measure digital literacy and tests to assess the ability to identify fake news. The results of data analysis using a simple linear regression test showed that the significance value was < 0.001, which is smaller than 0.05, which means that there is a significant relationship between the two variables. The results of the t-calculation showing a value of 18.787 with a significance of < 0.001 show that literacy contributes significantly to the ability to identify fake news. The determination coefficient value of 0.834 indicates that digital literacy contributes 83.4% to the ability to identify fake news. The results of the moment product correlation test which resulted in a value of r = 0.914 which is included in the category are very strong. Thus, it can be concluded that there is a very strong and positive relationship between digital literacy and the ability to identify fake news in students of SMP Negeri 252 Jakarta.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Raharjo, S.Pd., M.Si. ; 2). Dr. Yuyus Kardiman, M.Pd. |
Subjects: | Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum) Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Anis Cahya Fadhilah . |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 04:47 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 04:47 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/57464 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |