PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM TERHADAP KETERLIBATAN PESERTA DIDIK (Studi Kuantitatif di SMK Negeri 50 Jakarta)

ANDIKA RAMADHAN, . (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM TERHADAP KETERLIBATAN PESERTA DIDIK (Studi Kuantitatif di SMK Negeri 50 Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
HALAMAN COVER FINALE_compressed.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (327kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (675kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (725kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (819kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (351kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Keterlibatan peserta didik merupakan salah satu faktor penting yang menentukan efektivitas proses pembelajaran, khususnya dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila yang menuntut partisipasi aktif, sikap kritis, dan pemahaman nilai-nilai kebangsaan. Namun, model pembelajaran konvensional yang masih dominan diterapkan, terutama metode ceramah satu arah, menyebabkan rendahnya tingkat keterlibatan peserta didik di kelas. Peserta didik cenderung bersikap pasif, kurang antusias, dan minim kontribusi dalam kegiatan diskusi maupun interaksi kelas. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, diperlukan model pembelajaran alternatif yang mampu mengaktifkan peran peserta didik secara optimal. Salah satu pendekatan yang relevan adalah model pembelajaran flipped classroom yang menekankan pembelajaran mandiri di luar kelas dan pemanfaatan waktu tatap muka untuk aktivitas interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran flipped classroom terhadap keterlibatan peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di SMK Negeri 50 Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi-eksperimen, melalui desain pre-test dan post-test dengan kelompok kontrol. Sampel penelitian berjumlah 72 peserta didik, terdiri atas kelas X Akuntansi 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X Bisnis Digital sebagai kelas kontrol, yang dipilih melalui teknik simple random sampling. Instrumen penelitian berupa angket keterlibatan peserta didik berdasarkan dimensi teori self-determination, yaitu otonomi, kompetensi, dan keterkaitan. Uji validitas dan reliabilitas menunjukkan bahwa instrumen layak digunakan. Teknik analisis data menggunakan uji-t independen dan perhitungan effect size Cohen’s d. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara rata-rata keterlibatan peserta didik pada kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah diberikan perlakuan. Uji-t menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,001 (< 0,05), yang berarti bahwa model flipped classroom berpengaruh secara signifikan terhadap keterlibatan peserta didik. Nilai effect size sebesar 1,253 termasuk dalam kategori besar, yang menunjukkan bahwa pengaruh model ini sangat kuat dalam meningkatkan partisipasi aktif, motivasi belajar, dan interaksi sosial peserta didik di kelas. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model flipped classroom efektif dalam meningkatkan keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila, serta dapat menjadi alternatif strategi pembelajaran yang relevan dalam mendukung Kurikulum Merdeka. ***** Student engagement is one of the key factors determining the effectiveness of the learning process, particularly in the subject of Civic Education, which requires active participation, critical thinking, and an understanding of national values. However, the conventional learning model that is still predominantly used, especially the one-way lecture method, results in low levels of student engagement in the classroom. Students tend to be passive, lack enthusiasm, and contribute minimally to classroom discussions and interactions. To address this issue, an alternative learning model is needed that can optimize student engagement. One relevant approach is the flipped classroom model, which emphasizes independent learning outside the classroom and utilizes face-to-face time for interactive activities. This study aims to determine the effect of the flipped classroom learning model on student engagement in Pancasila Education at SMK Negeri 50 Jakarta. This study uses a quantitative approach with a quasi-experimental method, through a pre-test and posttest design with a control group. The research sample consisted of 72 students, comprising Class X Accounting 1 as the experimental class and Class X Digital Business as the control class, selected through simple random sampling. The research instrument was a student engagement questionnaire based on the dimensions of self-determination theory, namely autonomy, competence, and relatedness. Validity and reliability tests indicated that the instrument was suitable for use. Data analysis techniques used independent t-tests and Cohen’s d effect size calculations. The results showed a significant difference between the average student engagement in the experimental class and the control class after the treatment was administered. The ttest yielded a significance value of 0.001 (< 0.05), indicating that the flipped classroom model significantly influenced student engagement. The effect size value of 1.253 falls into the large category, indicating that this model has a very strong influence in enhancing active participation, learning motivation, and social interaction among students in the classroom. Based on these results, it can be concluded that the application of the flipped classroom model is effective in increasing student engagement in Pancasila Education learning and can serve as a relevant alternative learning strategy to support the Merdeka Curriculum.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Mohammad Maiwan, M.Si., Ph.D. ; 2). Iqbal Syafrudin, S.Pd., M.I.P.
Subjects: Ilmu Politik > Pancasila
Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: ANDIKA RAMADHAN .
Date Deposited: 04 Aug 2025 05:43
Last Modified: 04 Aug 2025 05:43
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/57482

Actions (login required)

View Item View Item