MODEL PEMBELAJARAN SENAM LANTAI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SIKAP LILIN PADA SISWA SEKOLAH DASAR

ALFAN HUDAYAPUTRA, . (2025) MODEL PEMBELAJARAN SENAM LANTAI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SIKAP LILIN PADA SISWA SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER (2).pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (285kB)
[img] Text
BAB II KAJIAN TEORITIK .pdf
Restricted to Registered users only

Download (848kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (486kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (257kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan suatu produk berupa model pembelajaran senam lantai yang bertujuan meningkatkan kemampuan gerakan sikap lilin pada siswa sekolah dasar. Model ini dirancang agar dapat diterapkan dalam proses pembelajaran Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar, khususnya pada materi senam lantai. Diharapkan, model pembelajaran ini dapat menjadi alternatif yang efektif bagi guru dalam menyampaikan materi gerakan sikap lilin secara lebih menarik dan sesuai dengan karakteristik siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (R&D) dengan pendekatan model ADDIE, yang terdiri dari lima tahapan, yaitu: (1) Analisis, (2) Desain, (3) Pengembangan, (4) Implementasi, dan (5) Evaluasi. Model pembelajaran ini terdiri dari 15 variasi permainan yang dikembangkan, dan telah mengalami proses revisi berdasarkan masukan dari para ahli tersebut. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi, instrumen penilaian ahli, dan observasi. Data dianalisis untuk mengetahui kelayakan dan keterterapan model yang dikembangkan. Berdasarkan hasil penelitian model pembelajaran ini dinyatakan layak oleh para ahli dan dapat diimplementasikan dalam pembelajaran pendidikan jasmani di sekolah dasar, khususnya dalam pembelajaran senam lantai materi sikap lilin / ***** The purpose of this study is to develop a product in the form of a floor gymnastics learning model aimed at improving the candle position movement skills of elementary school students. This model is designed to be applicable in the teaching and learning process of Physical Education in elementary schools, particularly in floor gymnastics material. It is expected that this learning model can serve as an effective alternative for teachers in delivering candle position movements in a more engaging manner and in accordance with students' characteristics. This research employs a Research and Development (R&D) method using the ADDIE model approach, which consists of five stages: (1) Analysis, (2) Design, (3) Development, (4) Implementation, and (5) Evaluation. The learning model comprises 15 developed game variations and has undergone revisions based on expert feedback. Data collection techniques include documentation, expert assessment instruments, and observation. The data were analyzed to determine the feasibility and applicability of the developed model. Based on the research findings, the learning model was deemed feasible by experts and can be implemented in elementary school physical education classes, specifically in floor gymnastics lessons focusing on the candle position.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Fahmy Fachrezzy, M.Pd 2). Dr. Muhammad Gilang Ramadhan, M.Pd
Subjects: Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga
Divisions: FIO > Penjaskesrek
Depositing User: Alfan Hudayaputra .
Date Deposited: 04 Aug 2025 06:42
Last Modified: 04 Aug 2025 06:42
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/57486

Actions (login required)

View Item View Item