Pengembangan Kurikulum Program Tahfidz Al-Qur'an di Pondok Qur'an Bahrul Ulum Bogor Jawa Barat

UMMU KULSUM WIYARANDI, . (2020) Pengembangan Kurikulum Program Tahfidz Al-Qur'an di Pondok Qur'an Bahrul Ulum Bogor Jawa Barat. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

This is the latest version of this item.

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (556kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (963kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (667kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (517kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (467kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah prototype Kurikulum Program Tahfidz yang dapat digunakan sebagai acuan dalam pelaksanaan program di Pondok Qur’an Bahrul Ulum. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan kurikulum Ralph Tyler. Model ini didasarkan pada pertanyaan atas 4 hal mendasar dalam mengembangkan kurikulum yang kemudian membentuk suatu prosedur pengembangan yaitu, (1) Menentukan tujuan yang ingin dicapai, (2) Menentukan pengalaman belajar yang harus dimiliki oleh peserta didik untuk mencapai tujuan, (3) Menentukan strategi serta pengorganisasian pengalaman belajar untuk mencapai tujuan, (4) Menentukan sistem evaluasi untuk mengatahui efektivitas kurikulum. Kemudian, sebagai bentuk penilaian terhadap prototype kurikulum yang dikembangkan maka dilakukan expert review. Adapun hasil review dari ahli kurikulum memperoleh skor 3.09 dan dari ahli materi memperoleh skor 3.04, maka diprolehlah skor rata-rata 3.065. Dan berdasarkan kriteria hasil yang telah ditentukan, maka prototype kurikulum yang telah dikembangkan memperoleh skor dengan katagori baik. This research aimed to produce a prototype of curriculum for Program Tahfidz Quran that can be used as a reference in running the program in Bahrul Ulum. This research used Ralph Tyler's model. This model refer to 4 basic questions (1) determine the objective (2) determine learning experiences that should be given to the students in order to achieve the objective (3) determine the strategy and how to organize the learning experience to achieve the objective (4) determine the evaluation system to know the efficiency of the curriculum. In addition, in order to review the curriculum, the prototype reviewed by two experts. The score given by the curriculum expert is 3,09 and the score given by subject matter expert is 3,04, and the average score is 3,065. Based on the determined criteria, the prototype can be categorized as "good".

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Khaerudin, M.Pd ; 2). Diana Ariani, M.PD
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 1320 not found.
Date Deposited: 13 Mar 2020 11:29
Last Modified: 13 Mar 2020 11:29
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/5751

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item