Pengembangan Model Pembelajaran berbasis Tri Hita Karana untuk Menstimulasi Sikap Peduli Lingkungan pada Anak Usia Dini

I Made Lestiawati, . (2025) Pengembangan Model Pembelajaran berbasis Tri Hita Karana untuk Menstimulasi Sikap Peduli Lingkungan pada Anak Usia Dini. Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover repository.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II..pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III..pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV_.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (450kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar_Pustaka.pdf

Download (467kB)
[img] Text
Lampiran 1-riwayat hidup disertasi_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Sikap peduli lingkungan merupakan konstelasi komponen-komponen kognitif, afektif dan konatif yang menjadi sangat penting diterapkan sejak usia dini melalui aktivitas pembelajaran berbasis budaya lokal. Melalui pengalamannya anak dapat mengemukakan pikirannya, menumbuhkan kepekaan dan saling berinteraksi untuk menentukan perilaku yang timbul dari suatu fenomena di lingkungan sekitar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan model pembelajaran berbasis Tri Hita Karana untuk menstimulasi sikap peduli lingkungan. Metode penelitian menggunakan penelitian dan pengembangan pendekatan model Dick & Carey. Populasi pada penelitian ini adalah 320 Lembaga PAUD di Kota Denpasar. Penelitian ini melibatkan 15 orang pakar ahli pada uji kelayakan, yang terdiri dari 3 orang ahli materi, 3 orang ahli media pembelajaran, 3 orang ahli desain pembelajaran, 3 orang ahli bahasa dan 3 orang ahli budaya, selanjutnya dilakukan evaluasi uji one to one yang melibatkan satu Lembaga PAUD untuk mendapatkan ulasan dari sudut pandang 1 orang guru dan 3 orang anak sebagai pengguna. Uji efektivitas sampel penelitian melibatkan 161 orang anak yang terbagi pada Uji coba terbatas yaitu 36 orang anak, uji lapangan yaitu 125 orang anak serta melibatkan 5 orang guru selaku pengguna dari pengembangan model pembelajaran SCEndI berbantuan aplikasi SiKaPeL berbasis Tri Hita Karana. Instrumen penelitian menggunakan lembar kuesioner untuk uji kelayakan oleh ahli, pertanyaan refleksi dan lembar kuesioner respon guru sebagai pengguna untuk evaluasi uji one to one, dan instrument pengamatan sikap peduli lingkungan untuk uji efektivitas. Data penelitian dianalisis menggunakan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) hasil analisis kebutuhan dan kondisi faktual di lapangan, guru membutuhkan model dan strategi pembelajaran dengan langkah-langkah yang sistematis serta media yang dapat mendukung pembelajaran berbasis Tri Hita Karana untuk menstimulasi sikap peduli lingkungan; 2) rancangan pengembangan model pembelajaran SCEndI berbantuan aplikasi SiKaPeL berbasis Tri Hita Karana menggunakan pendekatan model Dick & Carey yang terdiri dari 10 langkah-langkah instruksional; 3) hasil uji kelayakan menunjukkan bahwa model pembelajaran SCEndI berbantuan aplikasi SiKaPeL berbasis Tri Hita Karana untuk menstimulasi sikap peduli lingkungan sangat baik dan layak untuk diterapkan di Lembaga PAUD; 4) Penerapan model pembelajaran SCEndI berbantuan aplikasi SiKaPeL berbasis Tri Hita Karana untuk menstimulasi sikap peduli lingkungan secara keseluruhan aspek yang dinilai memiliki kriteria “sangat baik” dan dinyatakan efektif untuk menstimulasi sikap peduli lingkungan pada Anak Usia Dini; 5) Tindaklanjut yang telah dilakukan, yaitu: Diseminasi skala nasional dan internasional, publikasi berupa proseding, jurnal sinta 2, scopus Q3, ISBN, HKI dan workshop. Maka dampak dalam penelitian ini adalah peningkatan kualitas pembelajaran, perkembangan anak yang bersifat menyeluruh dan terpadu (holistik integratif), peran guru sebagai fasilitator dan motivator, pencapaian tujuan pembelajaran yaitu menumbuhkan sikap peduli lingkungan pada Anak Usia Dini, berkontribusi dalam rangka memaksimalkan kebijakan pemerintah daerah Bali. Kata Kunci: Sikap peduli lingkungan, model pembelajaran SCEndI, aplikasi SiKaPeL berbasis Tri Hita Karana. ***** DEVELOPMENT OF TRI HITA KARANA BASED LEARNING MODEL TO STIMULATE ENVIRONMENTAL CARE ATTITUDES IN EARLY CHILDHOOD (Research and Development at ECE Bali Province) I Made Lestiawati Early Childhood Education ABSTRACT Environmental care is a constellation of cognitive, affective, and conative components that should be applied from an early age through local culture-based learning activities. Through their experiences, children can express their thoughts, grow in sensitivity, and interact with each other to determine behavior arising from a phenomenon in the surrounding environment. The purpose of this research is to develop a Tri Hita Karana-based learning model to stimulate environmental care. The research method uses the research and development of the Dick & Carey model approach. The population in this study is 320 ECE Institutions in Denpasar City. This research involved 15 experts in the feasibility test, consisting of 3 material experts, learning media experts, learning design experts, linguists, and cultural experts, then a one-to-one test evaluation was carried out involving one ECE Institution to get reviews from the perspective of a teacher and involving three children as users. The effectiveness test of the research sample involved 161 children divided into a limited trial, namely 36 children, a field test of 125 children, and as well as involving five teachers as users of the development of the SCEndI learning model assisted by the Tri Hita Karana-based SiKaPeL application. The research instrument used questionnaire sheets for feasibility tests by experts, reflection questions, and questionnaires on teachers' responses as users for one-to-one test evaluation, as environmental care observation instruments for effectiveness tests. The research data were analyzed using qualitative and quantitative descriptive techniques. The results of the study show that: 1) the results of the analysis of needs and factual conditions in the field, teachers need learning models and strategies with systematic steps and media that can support Tri Hita Karana-based learning to stimulate environmental care; 2) the design of the development of the SCEndI learning model assisted by the Tri Hita Karana-based SiKaPeL application using the Dick & Carey model approach consisting of 10 instructional steps; 3) the results of the feasibility test show that the SCEndI learning model assisted by the Tri Hita Karana-based SiKaPeL application to stimulate environmental care is very good and feasible to be applied in ECE Institutions; 4) The application of the SCEndI learning model assisted by the Tri Hita Karana-based SiKaPeL application to stimulate the overall attitude of caring for the environment is an aspect that is considered to have "very good" criteria and is declared effective in stimulating an attitude of caring for the environment in early childhood; 5) follow-up that has been done, namely: national and international dissemination, publications in the form of proceeding, Sinta 2 journal, Scopus Q3, ISBN, IPR and workshops. Therefore, the impact in this study is to improve the quality of learning, comprehensive and integrated child development (integrative holistic), the role of teachers as facilitators and motivators, the achievement of learning goals, namely fostering environmental care in early childhood, contributing to maximizing Bali local government policies. Keywords: Attitude of caring for the environment, SCEndI learning model, SiKaPeL application based on Tri Hita Karana.

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1) Prof. Dr. Sofia Hartati, M.Si 2) Prof. Dr. Mohamad Syarif Sumantri, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: PASCASARJANA > S3 Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: I Made Lestiawati .
Date Deposited: 04 Aug 2025 02:44
Last Modified: 04 Aug 2025 02:44
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/57549

Actions (login required)

View Item View Item