PENINGKATAN KECERDASAN VISUAL-SPASIAL MELALUI MEDIA AUGMENTED REALITY MATERI MENGGAMBAR SENI RUPA SISWA KELAS V SDN MANGGARAI 01

AYU WIDA AULIA SARI, . (2025) PENINGKATAN KECERDASAN VISUAL-SPASIAL MELALUI MEDIA AUGMENTED REALITY MATERI MENGGAMBAR SENI RUPA SISWA KELAS V SDN MANGGARAI 01. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (656kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (756kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (905kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (543kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (546kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan visual-spasial siswa dalam kegiatan menggambar pelajaran seni rupa melalui penerapan media augmented reality pada siswa kelas V SDN Manggarai 01. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan desain penelitian dari model Kemmis dan Mc Taggart dalam dua siklus. Setiap siklus menggunakan 3 tahap dalam satu siklus yakni tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan dan observasi, serta tahap refleksi/analisis. Subjek penelitian adalah 30 siswa kelas V. Pengumpulan data pada penelitian dilakukan menggunakan tes menggambar, lembar pengamatan, catatan lapangan, dan pengumpulan data dengan menggunakan dokumentasi/foto. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan pada kecerdasan visual-spasial siswa dari 63% menjadi 83%. Serta hasil pemantauan aktivitas guru dan siswa meningkat dari 65% menjadi 95%. Dengan demikian pembelajaran dengan menggunakan media augmented reality dapat meningkatkan kecerdasan visual-spasial siswa. Implikasi dari penelitian ini adalah melalui media augmented reality dapat dijadikan salah satu alternatif untuk meningkatkan kecerdasan visual-spasial siswa dalam materi menggambar siswa kelas V SDN Manggarai 01. ***** This study aims to improve students' visual-spatial intelligence in drawing activities in fine arts lessons through the application of augmented reality media to grade V students of SDN Manggarai 01. The research method used is Classroom Action Research (CAR) using the research design of the Kemmis and Mc Taggart model in two cycles. Each cycle uses 3 stages in one cycle, namely the planning stage, the action and observation stage, and the reflection/analysis stage. The subjects of the study were 30 grade V students. Data collection in the study was carried out using drawing tests, observation sheets, field notes, and data collection using documentation/photos. The results showed a significant increase in students' visual-spatial intelligence from 63% to 83%. And the results of monitoring teacher and student activities increased from 65% to 95%. Thus, learning using augmented reality media can improve students' visual-spatial intelligence. The implication of this study is that through augmented reality media, it can be used as an alternative to improve students' visual-spatial intelligence in drawing material for fifth grade students of SDN Manggarai 01.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Edwita, M.Pd.; 2). Prof. Dr. Waluyo Hadi, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ayu Wida Aulia Sari .
Date Deposited: 04 Aug 2025 04:48
Last Modified: 04 Aug 2025 04:48
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/57569

Actions (login required)

View Item View Item