PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MENTARI UNTUK PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PESERTA DIDIK PROBLEMA BELAJAR

ISNAENI MUTHMAINAH, . (2020) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MENTARI UNTUK PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PESERTA DIDIK PROBLEMA BELAJAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (211kB)
[img] Text
2. Abstrak & Abstract.pdf

Download (123kB)
[img] Text
3. Lembar Persetujuan dan Pengesahan Skripsi.pdf

Download (257kB)
[img] Text
4. Surat Keterangan Keaslian Karya.pdf

Download (210kB)
[img] Text
5. Lembar Persetujuan Publikasi Ilmiah.pdf

Download (277kB)
[img] Text
6. Kata Pengantar.pdf

Download (215kB)
[img] Text
7. Daftar Isi.pdf

Download (690kB)
[img] Text
8. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
9. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy
[img] Text
13. Daftar Pustaka.pdf

Download (235kB)
[img] Text
14. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
15. Daftar Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran pemecahan masalah matematika untuk peserta didik dengan problema belajar. Melalui metode penelitian dan pengembangan dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation) dihasilkan produk media Mentari. Media Mentari merupakan media pembelajaran berbasis website yang dibuat berdasarkan tahapan penyelesaian pemecahan masalah matematika. Pada tahap pengembangan dilaksanakan uji validasi yang dilakukan oleh tiga ahli, yaitu ahli peserta didik dengan problema belajar, ahli media, dan ahli materi untuk mengetahui kualitas produk sebelum uji coba. Uji coba media kepada peserta didik problema belajar di SDN Kramat Jati 01 Pagi. Hasil uji coba menunjukkan peserta didik problema belajar terlihat mempunyai rasa antusias yang lebih dari biasanya dalam belajar dengan menggunakan media Mentari, sehingga peserta didik problema belajar dapat menentukan operasi hitung pada pemecahan masalah matematika. Hasil akhir berdasarkan uji validitas ahli, kualitas media Mentari adalah 83% dan dapat digunakan oleh peserta didik dengan problema belajar untuk pemecahan masalah matematika. Media Mentari dapat digunakan dalam pengajaran pemecahan masalah matematika untuk guru dan peserta didik dengan problema belajar. This study aims to produce a product that can be used as a learning media for solving mathematical problems for students with learning problems. Through research and development methods using the ADDIE model (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation) the Mentari media product as an innovative work is produced. Mentari Media is a website-based learning media that is based on the stages of solving mathematical problems. At the development stage, validation tests were carried out by three experts, namely experts of student with learning problems, media experts, and learning experts to find out the quality of the product before the trial. Then testing media to the students with learning problems at SDN Kramat Jati 01 Pagi. The trial results show that students with learning problems have more enthusiasm than usual in learning with the help of Mentari media, students with learning problems can determine arithmetic operations in solving mathematical problems. The final result based on the judgement expert, the quality of Mentari media is 83% and can be used by students with learning problems for solving mathematical problems. Therefore, it is expected that Mentari can be used in teaching mathematics problem solving for teachers and students with learning problems.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Trisna Mulyeni, M.Sc. ; 2). Leliana Lianty, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 575 not found.
Date Deposited: 08 Apr 2020 12:21
Last Modified: 08 Apr 2020 15:18
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/5771

Actions (login required)

View Item View Item