SHAFA DEWENGI, . (2025) PERAN PENDIDIKAN FORMAL SEBAGAI KESETARAAN AKSES: STUDI PADA SMP TERBUKA CAKUNG 1 JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (457kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (408kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini berfokus pada analisis dan pemahaman mengenai upaya pemerataan akses terhadap pendidikan melalui lembaga pendidikan formal yang berfokus pada kesetaraan akses. Tujuan dari penelitian ini, yaitu untuk mengidentifikasikan peran SMP Terbuka Cakung 1 Jakarta Timur sebagai salah satu lembaga pendidikan formal kesetaraan akses yang masih bertahan hingga saat ini. Selain itu, penelitian ini juga akan menganalisis teori pendidikan pembebasan pada fenomena tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode studi kasus dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara, observasi, studi literatur, dan dokumentasi. Penelitian dilakukan pada bulan Januari hingga Juni 2025 di SMP Terbuka Cakung 1 Kelurahan Pulo Gebang, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur serta melibatkan sepuluh informan yang terdiri dari seorang kepala sekolah, tiga wakil kepala sekolah sekaligus guru bina, serta enam peserta didik. Selain itu, data yang diperoleh akan diperkuat dengan melibatkan Suku Dinas Pendidikan Wilayah I Kota Administrasi Jakarta Timur sebagai triangulasi. Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa SMP Terbuka Cakung 1 Jakarta Timur memiliki pendekatan yang lebih fleksibel karena menyesuaikan dengan karakteristik peserta didik. Namun, dalam hal ini, sekolah tetap memberikan potensi untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi dan membekali keterampilan melalui life skill kepada peserta didiknya. Selain itu, juga terdapat pergeseran pada pendidikannya agar senantiasa relevan dengan kebutuhan masyarakat yang meliputi aspek sasaran peserta didik, proses penerimaan peserta baru, kegiatan belajar mengajar, dan kualifikasi tenaga pendidiknya. Analisis melalui teori pendidikan pembebasan oleh Paulo Freire menunjukkan bahwa penyelenggaraan pendidikan di SMP Terbuka Cakung 1 Jakarta Timur sebagai bentuk pendidikan yang membebaskan peserta didik dari ketimpangan yang struktural dimana mereka memiliki akses terhadap pendidikan formal, dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan yang kontekstual, serta memiliki peluang dalam melakukan mobilitas vertikal. Kata Kunci: Pendidikan Formal, Lembaga Pendidikan Kesetaraan Akses, Sekolah Terbuka, Pendidikan Pembebasan ***** This research focuses on the analysis and understanding of efforts to equalize access to education through alternative formal educational institutions. The purpose of this research is to identify the role of SMP Terbuka Cakung 1 East Jakarta as one of the formal educational institutions that has survived to this day. In addition, this research will also analyze the structural functional theory on that phenomenon. This research uses a qualitative approach and case study method with data collection techniques conducted through interviews, observations, literature studies, and documentation. The research was conducted from February to April 2025 at SMP Terbuka Cakung 1, Pulo Gebang, Cakung, East Jakarta, and involved ten informants consisting of the principal, three vice principals and teachers, and six students. In addition, the data obtained will be strengthened by involving the East Jakarta City Administration Region I Education Sub-Department as triangulation. The results of this study indicates that SMP Terbuka Cakung 1 Jakarta Timur has a more flexible approach because it adapts to the characteristics of the students. However, in this case, schools provide the potential to continue education to higher levels and equip students with life skills. Additionally, there is also a shift in education to remain constantly relevant to societal needs, encompassing aspects such as student target groups, the new student admission process, teaching and learning activities, and the qualifications of teachers. Analysis through Paulo Freire’s liberation education theory shows that the implementation of education at SMP Terbuka Cakung 1 East Jakarta, as a form of education that liberates students from structural inequality, where they have access to formal education, are equipped with contextual knowledge and skills, and have opportunities for vertical mobility. Keywords: Formal Education, Equitable Access Education Institution, Open School, Liberation Education
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof. Dr. Evy Clara, M.Si. ; 2). Dr. Asep Suryana, M.Si. |
Subjects: | Ilmu Sosial > Sosiologi |
Divisions: | FIS > S1 Sosiologi |
Depositing User: | Shafa Dewengi . |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 07:23 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 07:23 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/57715 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |