PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK SISWA DENGAN LAMBAN BELAJAR DI SEKOLAH DASAR PENYELENGGARA PENDIDIKAN INKLUSI (STUDI KASUS DI KELAS 5 SEKOLAH DASAR NEGERI KRAMAT JATI 01 PAGI)

ARIZKA LIDDWINA PUTRI, . (2020) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK SISWA DENGAN LAMBAN BELAJAR DI SEKOLAH DASAR PENYELENGGARA PENDIDIKAN INKLUSI (STUDI KASUS DI KELAS 5 SEKOLAH DASAR NEGERI KRAMAT JATI 01 PAGI). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (378kB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (302kB)
[img] Text
3. Lembar persetujuan.pdf

Download (482kB)
[img] Text
4. lembar keaslian karya.pdf

Download (180kB)
[img] Text
5. pernyataan publikasi.pdf

Download (234kB)
[img] Text
6. Kata Pengantar.pdf

Download (394kB)
[img] Text
7. Daftar Isi.pdf

Download (494kB)
[img] Text
8. BAB 1.pdf

Download (469kB)
[img] Text
9. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (673kB) | Request a copy
[img] Text
10. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (585kB) | Request a copy
[img] Text
11. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
12. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB) | Request a copy
[img] Text
13. Daftar pustaka.pdf

Download (420kB)
[img] Text
14. lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
15. riwayat hidup.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggali informasi mendalam mengenai pelaksanaan pembelajaran matematika untuk siswa lamban belajar di sekolah dasar penyelenggara pendidikan inklusi. Penelitian ini dilakukan di kelas 5 di SDN Kramat Jati 01 Pagi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi yang dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap perencanaan pembelajaran guru pendidikan khusus melakukan kegiatan konseling terhadap orangtua siswa dan guru kelas terkait kemampuan, kebutuhan belajar, dan pelayanan pendidikan khusus bagi siswa lamban belajar. Pada kegiatan pelaksanaan pembelajaran guru kelas menerapkan metode tutor sebaya dan strategi Fast Draw dalam pembelajaran pemecahan masalah matematika bagi siswa lamban belajar. Pada evaluasi pembelajaran, guru melakukan evaluasi proses dan evaluasi hasil. Guru pendidikan khusus melakukan asesmen dinamis atau yang dia sebut dengan running assessment yaitu asesmen yang dilakukan selama kegiatan intervensi berlangsung. Asesmen ini dilakukan selama 3 bulan untuk mengumpulkan informasi lebih mendalam tentang kemampuan dan kebutuhan belajar siswa yang belum didapatkan saat kegiatan asesmen di awal perencanaan pembelajaran. Guru kelas, guru pendidikan khusus, dan kepala sekolah menjalankan tugasnya masing-masing sehingga pelaksanaan pembelajaran matematika berjalan secara sistematis. Setiap kegiatan saling berkaitan satu sama lain. This study aims to gather informations on math learning for 5th grade slow learner pupils in a government funded inclusive primary school at SDN Kramat Jati 01 Pagi. This research used a qualitative approach. Data were collected using observation, interview and documentation which analyzed using Miles and Huberman models. The results showed that at the planning stage, special education teacher conduct counseling activities for parents of slow learner pupil and for the class teacher. The class teacher applies the peer tutoring method and Fast Draw strategy for problem solving lesson. The special education teacher conduct dynamic assessment or they called running assessment, that are assessments conducted during the intervention activities. This assessment is being conducted for 3 months to gather deep informations about the exact of the slow learner pupil needs and abilities which could not be explored in the first assessment. Class teacher, special education teacher, and school principal running for doing their own duty properly so that the implementation of math learning runs systematically. Every activity is related to one another.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). M. Arif Taboer, M.Pd. ; 2). Leliana Lianty, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 571 not found.
Date Deposited: 08 Apr 2020 15:33
Last Modified: 08 Apr 2020 15:33
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/5772

Actions (login required)

View Item View Item