PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDIA DIGITAL BERBASIS SETS (SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, SOCIETY) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS DALAM PELAJARAN IPA SEKOLAH DASAR

HASNA WULAN AVIARIZKI, . (2025) PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDIA DIGITAL BERBASIS SETS (SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, SOCIETY) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS DALAM PELAJARAN IPA SEKOLAH DASAR. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (553kB)
[img] Text
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (191kB)
[img] Text
BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (599kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5 SIMPULAN DAN REKOMENDASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (313kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan ensiklopedia digital berbasis SETS (Science, Environment, Technology, Society) pada pembelajaran IPA untuk meningkatkan kemampuan literasi sains pada kelas IV Sekolah Dasar. Model pengembangan yang digunakan peneliti adalah model pengembangan 4D. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ensiklopedia digital berbasis SETS untuk meningkatkan kemampuan literasi sains dalam pembelajaran IPA Sekolah Dasar yaitu sangat layak digunakan. Hasil uji validasi ahli materi adalah 98,75% dengan kategori sangat layak, ahli bahasa adalah 92,86% dengan kategori sangat layak, dan ahli media adalah adalah 100% dengan kategori sangat layak. Hasil rata-rata ensiklopedia digital berbasis SETS mendapatkan skor rata-rata oleh ketiga ahli sebesar 97,20% dengan kategori “Sangat Layak” digunakan untuk peserta didik kelas IV sekolah dasar. Penggunaan ensiklopedia digital berbasis SETS yang telah di respon oleh peserta didik dimulai dari one to one oleh 3 peserta didik yaitu 92,8% dengan kategori sangat layak, small group oleh 15 peserta didik yaitu 90,0% dengan kategori sangat layak, dan field test oleh 25 peserta didik yaitu adalah 95,9% dengan kategori sangat layak. Hasil rata-rata pengguna guru terhadap ensiklopedia digital berbasis SETS yaitu 85,8% dengan kategori sangat layak. Hasil uji one group pretest-posttest menggunakan uji t dan N-Gain. Dari hasil uji t diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) 0,001<0,05 yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara hasil data pretest dan posttest pada kemampuan literasi sains. Rata-rata skor N-Gain yang dicapai adalah 0,68 bahwa ensiklopedia digital berbasis SETS dapat meningkatkan kemampuan literasi sains dalam pelajaran IPA siswa SD. Berdasarkan hasil temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa ensiklopedia digital telah valid layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa sekolah dasar. ***** This research and development aims to produce a SETS (Science, Environment, Technology, Society)-based digital encyclopedia for science learning to improve science literacy skills in fourth grade elementary school. The development model used by the researchers is the 4D development model. The results of the study indicate that the SETS-based digital encyclopedia for improving science literacy skills in elementary school science learning is highly feasible for use. The results of the subject matter expert validation test were 98.75% with a very feasible category, the language expert was 92.86% with a very feasible category, and the media expert was 100% with a very feasible category. The average score for the SETS-based digital encyclopedia was 97.20% with a “Very Feasible” category for fourth-grade elementary school students. The use of the SETS-based digital encyclopedia, as responded to by students, began with one-to-one use by 3 students, scoring 92.8% with the category “highly suitable,” small group use by 15 students, scoring 90.0% with the category “highly suitable,” and field testing by 25 students, scoring 95.9% with the category “highly suitable.” The average teacher user rating for the SETS-based digital encyclopedia was 85.8% in the “highly suitable” category. The results of the one-group pretest-posttest test using the t-test and N-Gain. From the t-test results, a significance value (2-tailed) of 0.001<0.05 was obtained, which means that there is a significant difference between the pretest and posttest data on science literacy skills. The average N-Gain score achieved was 0.68, indicating that the SETS-based digital encyclopedia can enhance science literacy skills in elementary school science lessons. Based on these findings, it can be concluded that the digital encyclopedia is valid and suitable for use in improving science literacy skills among elementary school students.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Dr. Hadi Nasbey, S.Pd., M.Si. ; 2). Prof. Dr. Mohammad Syarif Sumantri, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: FIP > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Hasna Wulan Aviarizki .
Date Deposited: 05 Aug 2025 02:43
Last Modified: 05 Aug 2025 02:43
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/57801

Actions (login required)

View Item View Item