PERAN POSYANDU BERBASIS SOSIO-EDUKASI DALAM PENCEGAHAN STUNTING (Studi Kasus: Posyandu Kenanga III, Kebon Baru, Tebet, Jakarta Selatan)

ALISYA PASYA RAMADHANTI, . (2025) PERAN POSYANDU BERBASIS SOSIO-EDUKASI DALAM PENCEGAHAN STUNTING (Studi Kasus: Posyandu Kenanga III, Kebon Baru, Tebet, Jakarta Selatan). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (997kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (830kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (597kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (604kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini memiliki tiga tujuan utama, pertama untuk mendeskripsikan latar belakang Posyandu Kenanga III dalam melakukan sosio-edukasi pencegahan stunting pada balita. Kedua, mendeskripsikan peran Posyandu Kenanga III dalam sosio-edukasi pencegahan stunting pada balita. Ketiga, mendeskripsikan dampak yang terjadi setelah Posyandu Kenanga III melakukan sosio-edukasi pencegahan stunting pada balita. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan kepustakaan. Teknik analisis data dilakukan dengan deskriptif analisis. Subjek penelitian terdiri dari 9 informan yang dibagi menjadi 7 informan kunci dan 2 informan triangulasi. Informan kunci terdiri dari 1 Ketua Posyandu Kenanga III, 2 kader Posyandu Kenanga III, 3 ibu balita, dan 1 Kepala Seksi Kesejahteraan Rakyat. Lalu, informan triangulasi terdiri dari Ketua RT 09 dan masyarakat sekitar. Penelitian dilakukan di Posyandu Kenanga III selama tiga bulan dari Januari - Maret 2025. Hasil penelitian dikaji secara sosiologis menggunakan teori peran sosial dari Rose Laub Coser. Teori ini menghubungkan individu dalam berbagai pemikiran dan tindakan dengan status mereka dalam konteks relasi sosial yang merupakan bagian dari struktur sosial yang lebih luas dan menjelaskan peran yang dimiliki oleh individu dalam kelompok tidak hanya satu melainkan banyak peran. Dalam penelitian ini, teori tersebut digunakan untuk melihat bagaiman peran posyandu dalam sosio-edukasi pencegahan stunting. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kader posyandu tidak hanya berperan sebagai pelaksana pelayanan dasar, namun juga berperan sebagai konselor, edukator, penghubung informasi tingkat wilayah, dan penggerak partisipasi masyarakat. Bentuk sosio-edukasi pencegahan stunting terdiri dari penyuluhan, konsultasi dan kunjungan ke rumah balita yang berupa pemberian informasi, saran-saran, dan gambaran tentang pola gizi balita untuk meningkatkan status gizi dalam pencegahan stunting yang berpengaruh pada peningkatan pengetahuan dan pemahaman ibu balita tentang pola gizi anak dan makanan-makanan yang bergizi. Berdasarkan analisis teori peran sosial Rose Laub Coser, kegiatan sosio-edukasi ini menunjukkan bahwa peran posyandu terbentuk dari serangkaian hubungan sosial yang terstruktur dan saling berkaitan, yang di mana kader memiliki tugas untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat serta hak untuk mendapatkan dukungan sosial. Kata kunci: Peran Sosial, Posyandu, Sosio-Edukasi, Stunting This study has three main objectives, first to describe the background of Posyandu Kenanga III in conducting socio-education on preventing stunting in toddlers. Second, to describe the role of Posyandu Kenanga III in socio-education on preventing stunting in toddlers. Third, to describe the impacts that occurred after Posyandu Kenanga III conducted socio-education on preventing stunting in toddlers. This study uses a qualitative approach with a case study method, with data collection techniques through observation, interviews and literature. The data analysis technique is carried out using descriptive analysis. The research subjects consisted of 9 informants divided into 7 key informants and 2 triangulation informants. Key informants consisted of 1 Head of Posyandu Kenanga III, 2 cadres of Posyandu Kenanga III, 3 mothers of toddlers, and 1 Head of the Public Welfare Section. Then, triangulation informants consisted of the Head of RT 09 and the surrounding community. The research was conducted at Posyandu Kenanga III for three months from January - March 2025. The results of the study were examined sociologically using Rose Laub Coser's social role theory. This theory connects individuals in various thoughts and actions with their status in the context of social relations which are part of a broader social structure and explains the roles played by individuals in groups not just one but many roles. In this study, this theory is used to see how the role of Posyandu in socio-education in preventing stunting. The results of the study show that Posyandu cadres not only act as implementers of basic services, but also act as counselors, educators, regional information liaisons, and community participation drivers. The form of socio-education for preventing stunting consists of counseling, consultation and visits to toddlers' homes in the form of providing information, suggestions, and descriptions of toddler nutritional patterns to improve nutritional status in preventing stunting which has an impact on increasing knowledge and understanding of toddler mothers about children's nutritional patterns and nutritious foods. Based on the analysis of Rose Laub Coser's social role theory, this socio-educational activity shows that the role of the integrated health post is formed from a series of structured and interrelated social relationships, where cadres have the task of increasing community understanding and awareness and the right to receive social support. Keywords: Social Role, Posyandu, Socio-Education, Stunting

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: Dr. Ahmad Tarmiji Alkhudri, M.Si. Prima Yustitia Nurul Islami, S.KPm., M.Si.
Subjects: Ilmu Sosial > Komunitas Sosial, Ras dan Kelompok
Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Ilmu Kedokteran > Ilmu Kedokteran, Ilmu Pengobatan dan Ilmu Kesehatan
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Alisya Pasya Ramadhanti .
Date Deposited: 05 Aug 2025 02:20
Last Modified: 05 Aug 2025 02:20
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/57817

Actions (login required)

View Item View Item