NIRMALA, . (2025) KRITIK TERHADAP IMPLEMENTASI PROGRAM KARTU JAKARTA MAHASISWA UNGGUL DALAM PERSPEKTIF INKLUSI SOSIAL IRIS MARION YOUNG (STUDI PADA 10 MAHASISWA DI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA DAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI JAKARTA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
Cover.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Bab I.pdf Download (925kB) |
![]() |
Text
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (728kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (768kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (619kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (511kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (499kB) |
![]() |
Text
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (520kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkritisi implementasi Program Kartu Jakarta Mahasiswa Unggul (KJMU) dalam perspektif inklusi sosial menurut teori Iris Marion Young. Fokus utama penelitian ini adalah mengevaluasi sejauh mana program KJMU tidak hanya memberikan akses pendidikan tinggi bagi mahasiswa dari keluarga prasejahtera, tetapi juga mampu menghapus berbagai bentuk eksklusi sosial yang bersifat struktural maupun simbolik di lingkungan kampus. Objek penelitian difokuskan pada Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dan Universitas Islam Negeri Jakarta (UIN Jakarta) untuk melihat dinamika program dalam dua institusi berbeda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, serta teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, studi pustaka, dan dokumentasi terhadap sepuluh mahasiswa penerima KJMU. Analisis dilakukan berdasarkan empat dimensi inklusi sosial dari Iris Marion Young, yaitu distribusi yang adil, pengakuan, representasi, dan partisipasi, serta dikaitkan dengan lima wajah penindasan: eksploitasi, marjinalisasi, ketidakberdayaan, imperialisme kultural, dan kekerasan simbolik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun KJMU meringankan beban ekonomi mahasiswa, masih terdapat berbagai tantangan. Ketergantungan pada DTKS menyebabkan marjinalisasi administratif, stigma sosial menimbulkan kekerasan simbolik, minimnya keterlibatan mahasiswa dalam forum kebijakan mencerminkan ketidakberdayaan, serta partisipasi yang bersifat prosedural mengarah pada bentuk eksploitasi dan kekerasan simbolik. Dapat disimpulkan Program KJMU memang telah membantu mahasiswa prasejahtera secara finansial, tetapi dari segi inklusivitas belum optimal. Diperlukan pembenahan dalam mekanisme distribusi yang lebih fleksibel, pengakuan yang lebih setara, serta pelibatan mahasiswa secara lebih aktif dalam forum kebijakan agar KJMU benar-benar menjadi program yang inklusif, adil, dan transformatif di lingkungan pendidikan tinggi. Kata Kunci: KJMU, Inklusi Sosial, Keadilan Sosial ***** This study aims to critically examine the implementation of the Jakarta Superior Student Card Program (Kartu Jakarta Mahasiswa Unggul/KJMU) through the lens of social inclusion, based on Iris Marion Young’s theoretical framework. The primary focus is to evaluate the extent to which KJMU not only provides access to higher education for students from underprivileged backgrounds but also addresses various forms of social exclusion, both structural and symbolic within the campus environment. The research focuses on two institutions, Universitas Negeri Jakarta (UNJ) and Universitas Islam Negeri Jakarta (UIN Jakarta), to observe how the program functions across different educational contexts. Employing a qualitative case study approach, the research gathered data through in-depth interviews, observations, literature review, and documentation involving ten KJMU recipients. The analysis draws upon Young’s four dimensions of social inclusion: fair distribution, recognition, representation, and participation, and further connects these to the five faces of oppression: exploitation, marginalization, powerlessness, cultural imperialism, and symbolic violence. The research findings indicate that although the KJMU program alleviates students' economic burdens, various challenges remain. Dependence on the DTKS system leads to administrative marginalization, social stigma produces symbolic violence, the lack of student involvement in policy forums reflects a sense of powerlessness, and procedural participation tends to result in forms of exploitation and symbolic violence. In conclusion, although KJMU has provided financial assistance to underprivileged students, its inclusivity remains limited. A more flexible distribution mechanism, greater recognition, and active student engagement in policy-making forums are necessary to transform KJMU into a truly inclusive, equitable, and transformative higher education support program. Keywords: KJMU, Social Inclusion, Social Justice
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof. Dr. Robertus Robert, M.A. ; 2). Dr. Rusfadia Saktiyanti Jahja, M.Si. |
Subjects: | Ilmu Sosial > Sosiologi |
Divisions: | FIS > S1 Sosiologi |
Depositing User: | Nirmala . |
Date Deposited: | 05 Aug 2025 02:18 |
Last Modified: | 05 Aug 2025 02:18 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/57825 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |