Pengembangan Model Pembelajaran Education Entertainment (Edutainment) Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini

YESI NOVITASARI, . (2025) Pengembangan Model Pembelajaran Education Entertainment (Edutainment) Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini. Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
3. BAB 2 LANDASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (767kB) | Request a copy
[img] Text
4. BAB III METODOLOGI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB IV HASIL PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (410kB) | Request a copy
[img] Text
7. FILE DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. FILE LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Bahasa Inggris sebagai bahasa asing dapat dikenalkan melalui strategi dan metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik perkembangan anak usia dini. Penelitian ini bertujuan mengembangkan model pembelajaran Edutainment untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris pada anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (RnD) dengan menggunakan model pengembangan Model Borg & Gall. Adapun teknik penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan jumlah anak yang terlibat sebanyak 84 anak usia dini yang mendapat pembelajaran bahasa Inggris di Lembaga PAUD Kota Pekanbaru. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar kuesioner, pedoman wawancara, dan lembar observasi kemampuan bahasa Inggris anak. Adapun data penelitian dianalisis menggunakan teknik kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa 1)Berdasarkan analisis kebutuhan, pembelajaran bahasa Inggris belum didukung oleh rancangan pembelajaran yang sistematis dan bahan ajar digital yang memadai, sehingga diperlukan model yang menggabungkan pembelajaran dengan hiburan dengan bahan ajar berupa Aplikasi Pembelajaran. 2) Model pembelajaran Edutainment dikembangkan menggunakan model Borg and Gall yang direkontruksi menjadi Model Konseptual, Prosedural, dan Model Fisikal berupa Aplikasi Edutainment: Joyful English for Kids (YESI). 3) Kelayakan model pembelajaran Edutainment dilakukan oleh pakar yang menunjukkan bahwa penilaian Model Pembelajaran Edutainment dinyatakan layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris pada anak usia dini di Lembaga PAUD Kota Pekanbaru. 4) Implementasi model pembelajaran Edutainment efektif dalam meningkatkan kemampuan bahasa Inggris pada anak usia dini di Lembaga PAUD Kota Pekanbaru. Dengan adanya model pembelajaran Edutainment beserta bahan ajar berupa Aplikasi Edutainment: Joyful English for Kids (YESI) dapat menjadi acuan bagi guru, orang tua, dan lembaga PAUD dalam mengembangkan pembelajaran bahasa Inggris yang menyenangkan, bermakna dan efektif bagi anakusia dini.

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Elindra Yetti, M. Pd. 2). Prof. Dr. M. Syarif Sumantri, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak
Divisions: PASCASARJANA > S3 Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: YESI NOVITASARI .
Date Deposited: 06 Aug 2025 03:01
Last Modified: 06 Aug 2025 03:01
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/57863

Actions (login required)

View Item View Item