VIKA LEONIKA, . (2025) HUBUNGAN EMPATI DENGAN PERILAKU PROSOSIAL PADA REMAJA (STUDI KUANTITATIF PADA SISWA KELAS VIII SMPN 3 JAKARTA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (517kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (629kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (580kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (726kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (499kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (482kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN & RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya fenomena menurunnya empati yang berdampak pada rendahnya perilaku prososial di kalangan remaja. Padahal empati dan perilaku prososial berperan besar dalam membentuk remaja yang tidak hanya cerdas secara akademis, tetapi juga memiliki karakter peduli sosial yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan empati dengan perilaku prososial siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Jakarta yang berjumlah 287 orang. Penentuan sampel dihitung menggunakan rumus Slovin dengan toleransi kesalahan 5% yaitu sebanyak 167 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen non-tes yaitu kuesioner. Uji normalitas dan uji linearitas digunakan sebagai uji prasyarat analisis pada penelitian ini. Nilai Asymp Sig (2-tailed) 0,200 mengidentifikasi bahwa data kedua variabel berdistribusi normal. Sementara itu, nilai sig pada Deviation from Linearity 0,785 mengidentifikasi bahwa kedua variabel memiliki hubungan yang linear. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara empati dengan perilaku prososial siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Jakarta dengan tingkat hubungan yang kuat. Hal ini dapat dilihat dari uji koefisien korelasi yang memperoleh nilai sig 0,000 dan nilai r-hitung 0,765. Pada uji regresi linear sederhana diperoleh nilai sig 0,000 dan persamaan regresi Y = 20,201 + 0,862 X, yang berarti hubungan antara empati dengan perilaku prososial adalah positif dan signifikan, serta nilai R Square sebesar 58,5%, yang menunjukkan bahwa hubungan antar kedua variabel dalam kategori kuat. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa empati dan perilaku prososial memiliki hubungan positif yang signifikan dengan tingkat hubungan yang kuat. Hal ini berarti semakin tinggi empati, maka semakin tinggi perilaku prososial. Kata Kunci: Empati, Perilaku Prososial, Remaja, SMP, Karakter Peduli Sosial. ***** This study is motivated by the phenomenon of decreasing empathy which has an impact on low prosocial behavior among adolescents. In fact, empathy and prosocial behavior play a major role in forming adolescents who are not only academically intelligent but also have a high social care character. This study aims to determine the relationship between empathy and prosocial behavior of class VIII students of Public Junior High School 3 Jakarta. This study uses a quantitative approach with a correlational design. The population in this study were 287 class VIII students of Public Junior High School 3 Jakarta. The sample determination was calculated using the Slovin formula with a 5% error tolerance, namely 167 people. The data collection technique used a non-test instrument, namely a questionnaire. The normality test and linearity test were used as prerequisite tests for analysis in this study. The Asymp Sig (2-tailed) value of 0.200 identifies that the data of both variables are normally distributed. Meanwhile, the sig value of Deviation from Linearity of 0.785 identifies that the two variables have a linear relationship. The results of the study indicate that there is a significant positive relationship between empathy and prosocial behavior of eighth grade students of Public Junior High School 3 Jakarta with a strong level of relationship. This can be seen from the correlation coefficient test which obtained a sig value of 0.000 and an r-count value of 0.765. In the simple linear regression test, a sig value of 0.000 was obtained and the regression equation Y = 20.201 + 0.862 X, which means the relationship between empathy and prosocial behavior is positive and significant, and the R Square value is 58.5%, which indicates that the relationship between the two variables is in the strong category. Thus, it can be concluded that empathy and prosocial behavior have a significant positive relationship with a strong level of relationship. This means that the higher the empathy, the higher the prosocial behavior. Keywords: Empathy, Prosocial Behavior, Adolescents, Junior High School, Social Care Character.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dwi Afrimetty Timoera, S.H., M.H. 2). Iqbal Syafrudin, S.Pd., M.I.P. |
Subjects: | Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum) Pendidikan > Psikologi Pendidikan |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Vika Leonika . |
Date Deposited: | 05 Aug 2025 02:56 |
Last Modified: | 05 Aug 2025 02:56 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/57872 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |