PENGARUH METODE PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN INSTALASI TENAGA LISTRIK DI SMK NEGERI 2 DEPOK

MUHAMMAD RAIHAN, . (2025) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN INSTALASI TENAGA LISTRIK DI SMK NEGERI 2 DEPOK. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER .pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (342kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (734kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (698kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (292kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Cooperative Learning tipe Jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Instalasi Tenaga Listrik di SMK Negeri 2 Depok. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan Quasi Experimental Design jenis Non-Equivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas: kelas eksperimen yang diberi perlakuan metode Cooperative Learning tipe Jigsaw dengan dukungan media Wordwall, dan kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian berupa tes (Pretest dan Posttest) untuk mengukur pengetahuan, serta lembar observasi untuk menilai keterampilan siswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa rata-rata nilai Posttest pada kelas eksperimen adalah 90,10, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 77,10. Adapun rata-rata nilai keterampilan siswa di kelas eksperimen adalah 87,5, sementara di kelas kontrol sebesar 73,70. Uji-t independen menunjukkan nilai t hitung = 7,814 dengan signifikansi <0,001 untuk aspek pengetahuan, dan t hitung = 7,195 dengan signifikansi <0,001 untuk aspek keterampilan. Karena nilai signifikansi < 0,05 dan t hitung > t tabel, maka hipotesis H₁ diterima, yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw dibandingkan metode konvensional. Dengan demikian, metode pembelajaran Cooperative Learning tipe Jigsaw yang didukung Wordwall terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa SMK pada mata pelajaran praktik kejuruan. Berdasarkan temuan ini, disarankan agar guru di SMK menerapkan metode pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw secara lebih luas, terutama untuk mata pelajaran praktik kejuruan, serta mengintegrasikan media pembelajaran interaktif seperti Wordwall guna meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa secara menyeluruh. ***** This study aims to determine the effect of the Cooperative Learning model, specifically the Jigsaw type, on student learning outcomes in the Electrical Power Installation subject at SMK Negeri 2 Depok. The research employed a quantitative approach using a quasi-experimental design of the Non-Equivalent Pretest-Posttest Control Group type. The research sample consisted of two classes: the experimental class, which received treatment using the Jigsaw Cooperative Learning method supported by Wordwall media, and the control class, which used conventional teaching methods. The research instruments included tests (pretest and posttest) to measure knowledge, as well as observation sheets to assess students’ practical skills. The analysis results showed that the average posttest score in the experimental class was 90.10, while the control class scored 77.10. Meanwhile, the average skill score in the experimental class was 87.5, compared to 73.70 in the control class. The independent t-test showed a t-value of 7.814 with a significance level of < 0.001 for the knowledge aspect, and a t-value of 7.195 with a significance level of < 0.001 for the skills aspect. Since the significance value is less than 0.05 and the t-value is greater than the t-table value, the alternative hypothesis (H₁) is accepted, indicating a significant difference in student learning outcomes between those taught using the Jigsaw method and those taught using conventional methods. Therefore, the Cooperative Learning model of the Jigsaw type, supported by Wordwall, is proven to be effective in improving vocational high school students’ learning outcomes in practical vocational subjects.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Faried Wadjdi, M.Pd., M.M ; 2). Prof. Dr. Suyitno, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Muhammad Raihan .
Date Deposited: 05 Aug 2025 02:44
Last Modified: 05 Aug 2025 02:44
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/57881

Actions (login required)

View Item View Item