NABILA PUTRI WAHIDDIYAH, . (2025) PENGARUH AI (GEMINI) DALAM PEMBELAJARAN PERSONALIZED LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN MATERI IPS (STUDI EKSPERIMEN PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 16 JAKARTA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (366kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (562kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (546kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (647kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (341kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (298kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan AI (Gemini) dalam pembelajaran personalized learning terhadap pemahaman materi IPS peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 16 Jakarta. Penelitian dilakukan pada semester genap Tahun Pelajaran 2024/2025 dari bulan Januari hingga Juni 2025. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dan desain nonequivalen control group design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen (VIII-A) dan kelas kontrol (VIII-B), masing-masing berjumlah 35 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes objektif berbentuk pilihan ganda yang diberikan sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan AI Gemini dalam pembelajaran personalized learning terhadap peningkatan pemahaman materi IPS. Hal ini dibuktikan dari rata-rata nilai post-test siswa kelas eksperimen yang lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji Independent T-Test diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 untuk subtema Konflik dan Integrasi Sosial, yang lebih kecil dari 0,05. Maka, H₀ ditolak dan Hₐ diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan AI Gemini secara signifikan berpengaruh terhadap peningkatan pemahaman materi IPS siswa kelas VIII di SMP Negeri 16 Jakarta. Kata Kunci: AI (Gemini), Personalized Learning, Pemahaman, Ilmu Pengetahuan Sosial. ***** This study aims to determine the influence of utilizing AI (Gemini) in personalized learning on the understanding of social studies material among eighth-grade students at SMP Negeri 16 Jakarta. The research was conducted during the second semester of the 2024/2025 academic year, from January to June 2025. A quasi-experimental method with a quantitative approach and a nonequivalen control group design was used. The research sample consisted of two classes, namely the experimental class (VIII-A) and the control class (VIII-B), each comprising 35 students. The research instrument was an objective multiple-choice test administered before and after the treatment. The results showed a significant influence of AI Gemini in personalized learning on improving students’ understanding of social studies material. This was evidenced by the higher average post-test scores in the experimental class compared to the control class. Hypothesis testing using an Independent T-Test yielded a significance value (2-tailed) of 0.000 for the sub-theme of Social Conflict and Integration, which is less than 0.05. Therefore, H₀ is rejected and Hₐ is accepted. It can be concluded that the use of AI Gemini significantly influences the improvement of social studies understanding among eighth-grade students at SMP Negeri 16 Jakarta. Keywords: AI (Gemini), Personalized Learning, Understanding, Social Studies.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof. Dr. Desy Safitri, M.Si. ; 2). Dr. Sujarwo, M.Pd. |
Subjects: | Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum) Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan IPS |
Depositing User: | Nabila Putri Wahiddiyah . |
Date Deposited: | 05 Aug 2025 05:56 |
Last Modified: | 05 Aug 2025 05:56 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/57888 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |