PENGARUH KONFORMITAS TEMAN SEBAYA TERHADAP PERILAKU MENYONTEK DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 74 JAKARTA

RIFDAH SEPTIANINGSIH, . (2025) PENGARUH KONFORMITAS TEMAN SEBAYA TERHADAP PERILAKU MENYONTEK DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 74 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (594kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (273kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (431kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (194kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konformitas teman sebaya terhadap perilaku menyontek peserta didik kelas VIII SMP Negeri 74 Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Sampel yang digunakan sebanyak 166 peserta didik, yang diambil dengan teknik proportional random sampling dari populasi berjumlah 285 peserta didik. Instrumen penelitian berupa kuesioner, dan data dianalisis menggunakan uji-t serta analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh konformitas teman sebaya terhadap perilaku menyontek peserta didik. Hasil koefisien determinasi menunjukkan 29,7% perilaku menyontek dipengaruhi oleh konformitas teman sebaya dengan kategori rendah. Temuan ini menunjukkan bahwa semakin tinggi konformitas teman sebaya, semakin tinggi juga perilaku menyontek. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa konformitas teman sebaya dapat memengaruhi perilaku menyontek peserta didik walaupun dalam kategori rendah. Implikasi pemelitian ini adalah peserta didik perlu memahami bahwa mereka tidak harus mendapatkan nilai tinggi dengan cara menyontek hanya demi memperoleh pengakuan atau diterima oleh teman sebayanya. Kata Kunci: Konformitas Teman Sebaya, Kegiatan Pembelajaran, Perilaku Menyontek. ***** This research aims to determine the influence of peer conformity on cheating behavior in learning activities of class VIII students of SMP Negeri 74 Jakarta. This study uses a quantitative approach with a survey method. The sample used was 166 students, taken using proportional random sampling technique from a population of 285 students. The research instrument was a questionnaire, and the data was analyzed using the t-test and simple linear regression analysis. The results of the study showed that there was an effect of peer conformity on students' cheating behavior. The results of the determination coefficient showed that 29.7% of cheating behavior was influenced by peer conformity with a low category. This finding shows that the higher the peer conformity, the higher the cheating behavior. Thus, it can be concluded that peer conformity can influence students' cheating behavior even in the low category. The implication of this research is that students need to understand that they do not have to get high grades by cheating just to gain recognition or be accepted by their peers. Keywords: Peer Conformity, Learning Activities, Cheating Behavior

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Budiaman, M.Si. ; 2). Dr. Dian Alfia Purwandari, SE., M.Si.
Subjects: Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Pendidikan > Evaluasi Pendidikan
Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Ilmu Sosial > Sosiologi
Ilmu Sosial > Kondisi Sosial,Masalah Sosial,Reformasi Sosial
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Divisions: FIS > S1 Pendidikan IPS
Depositing User: Rifdah Septianingsih .
Date Deposited: 05 Aug 2025 05:58
Last Modified: 05 Aug 2025 05:58
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/57904

Actions (login required)

View Item View Item