PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA, FASILITAS BELAJAR DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI DAN KEUANGAN LEMBAGA SMK NEGERI JAKARTA PUSAT

AMARUDIN SYAHRUL RAMADHAN, . (2025) PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA, FASILITAS BELAJAR DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI DAN KEUANGAN LEMBAGA SMK NEGERI JAKARTA PUSAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (789kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (431kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (373kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (416kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (518kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (221kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh lingkungan keluarga, fasilitas belajar, serta minat belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Praktikum Akuntansi Jasa, Dagang, dan Manufaktur di SMK Negeri Jakarta Pusat. Pendekatan penelitian yang digunakan bersifat kuantitatif dengan metode pengumpulan data melalui angket dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 213 siswa kelas XI pada Program Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga. Sampel dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) lingkungan keluarga secara signifikan memengaruhi prestasi belajar siswa, (2) fasilitas belajar memberikan pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar, (3) minat belajar memiliki dampak signifikan terhadap prestasi belajar, dan (4) ketiga variabel tersebut lingkungan keluarga, fasilitas belajar, serta minat belajar secara simultan berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Praktikum Akuntansi Jasa, Dagang, dan Manufaktur. Temuan ini memberikan implikasi praktis bagi berbagai pihak, di antaranya: orang tua diharapkan menciptakan lingkungan rumah yang mendukung proses belajar; sekolah perlu menyediakan ruang kelas yang nyaman dan lengkap; siswa didorong untuk lebih aktif dan antusias dalam pembelajaran; serta guru perlu menyesuaikan metode mengajar dengan gaya belajar siswa dan memberikan dukungan emosional yang memadai. Kata Kunci: Lingkungan keluarga, Fasilitas belajar, Minat belajar, Prestasi belajar.***** The study employed a quantitative approach with data collected through questionnaires and documentation. The target population consisted of 213 students in the 11th grade of the Accounting and Financial Institution Program. The sampling method used was simple random sampling. The analysis revealed that: (1) the family environment significantly influences student achievement, (2) learning facilities have a significant impact on student achievement, (3) interest in learning positively affects student achievement, and (4) collectively, these three factors family environment, learning facilities, and learning interest have a significant simultaneous effect on student achievement in the Accounting Practicum subject. These findings have practical implications for various parties, including: parents are expected to create a home environment that supports the learning process; schools need to provide comfortable and well-equipped classrooms; students are encouraged to be more active and enthusiastic in learning; and teachers need to adapt their teaching methods to students' learning styles and provide adequate emotional support.Keywords: Family environment, Learning facilities, Learning interest, Learning achievement.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Santi Susanti, S.Pd., M.Ak. ; 2). Dr. Achmad Fauzi, S.Pd., M.Ak.
Subjects: Ilmu Sosial > Teori Ekonomi
Ilmu Sosial > Sejarah Ekonomi, Kondisi Ekonomi
Ilmu Sosial > Keuangan
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: AMARUDIN SYAHRUL RAMADHAN .
Date Deposited: 06 Aug 2025 01:55
Last Modified: 06 Aug 2025 01:55
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/57965

Actions (login required)

View Item View Item