ARINA ALVA SINTA, . (2025) RESILIENSI KEPALA KELUARGA PEMULUNG DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN PENDIDIKAN ANAK (STUDI KASUS PEMULUNG DI RW 09, KELURAHAN JATINEGARA, KECAMATAN CAKUNG, JAKARTA TIMUR). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (836kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (378kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (399kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (367kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (581kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (309kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (276kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan: 1) Mengetahui tantangan yang dihadapi oleh kepala keluarga pemulung dalam memenuhi kebutuhan pendidikan anak 2) Mengidentifikasi resiliensi yang dilakukan oleh kepala keluarga pemulung untuk memenuhi kebutuhan pendidikan anak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala keluarga pemulung yang masih menyekolahkan anaknya. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa terdapat beberapa tantangan yang dihadapi oleh kepala keluarga pemulung, tantangan tersebut yaitu: 1) Tantangan ekonomi. 2) Tantangan teknis. 3) Tantangan keterbatasan pemenuhan kebutuhan pendidikan. 4) Tantangan keterbatasan pendampingan belajar di rumah. Kemudian, resiliensi yang dilakukan oleh para kepala keluarga pemulung adalah 1) Resiliensi I Am (Kekuatan Internal dan Nilai Pribadi). 2) I Have (Dukungan Eksternal). 3) I Can (Kemampuan Adaptasi dan Pemecahan Masalah). Dari ketiga dimensi tersebut dimensi resiliensi yang paling dominan pada penelitian ini yaitu I Can (kemampuan adaptasi dan pemecahan masalah) karena dalam dimensi ini terdapat berbagai solusi aktif, adaptif, dan kreatif yang dilakukan untuk mengatasi tantangan ekonomi dan sosial secara langsung dan berkelanjutan. ***** This research aims to: 1) Identify the challenges faced by scavenger heads of households in meeting their children's educational needs. 2) Identify the resilience strategies employed by scavenger heads of households to meet their children's educational needs. This research uses a descriptive research method with a qualitative approach, while data collection techniques are through observation, interviews, documentation, and literature review. The subjects in this study are scavenging heads of households who are still sending their children to school. The research findings conclude that there are several challenges faced by scavenging household heads: 1) Economic challenges. 2) Technical challenges. 3) Challenges related to limited access to educational needs. 4) Challenges related to limited learning support at home. Then, the resilience exhibited by the scavenging household heads is: 1) I Am Resilience (Internal Strength and Personal Values). 2) I Have (External Support Sources). 3) I Can (Adaptability and Problem-Solving Skills). From these three aspects, the most dominant resilience aspect in this study is I Can (adaptability and problem-solving skills) because this aspect encompasses various active, adaptive, and creative solutions used to overcome economic and social challenges directly and sustainably.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof. Dr. Budiaman, M.Si. ; 2). Nova Scorviana Herminasari, S.Pd., M.A., M.Si. |
Subjects: | Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum) Ilmu Sosial > Kondisi Sosial,Masalah Sosial,Reformasi Sosial |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan IPS |
Depositing User: | Arina Alva Sinta . |
Date Deposited: | 06 Aug 2025 01:47 |
Last Modified: | 06 Aug 2025 01:47 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/58009 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |