NAJLA ZAHRANI AULIA, . (2025) ANALISIS RESEPSI KHALAYAK TERHADAP PERSELINGKUHAN DALAM FILM "IPAR ADALAH MAUT" (PENELITIAN KUALITATIF: STUDI KASUS PADA PRIA YANG SUDAH MENIKAH DAN TINGGAL BERSAMA IPARNYA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (813kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (722kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (528kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (460kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (465kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh isu-isu sosial yang terjadi di masyarakat semakin kompleks. Fenomena perselingkuhan yang menjadi realitas di masyarakat juga sering diangkat dalam film-film Indonesia. Film Ipar adalah Maut menggambarkan dinamika dan konflik yang terjadi dalam hubungan keluarga khususnya hubungan ipar yang sering kali dipandang sebagai keluarga dekat namun ternyata kehadiran ipar justru berpotensi menghadirkan konflik. Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui bagaimana resepsi khalayak terhadap perselingkuhan dalam film “Ipar Adalah Maut” (Studi Kasus pada pria yang sudah menikah dan tinggal bersama iparnya). Penelitian ini menggunakan teori resepsi khalayak yang dicetuskan oleh Stuart Hall. Teori ini sangat dipengaruhi oleh model encoding dan decoding. Hall menjelaskan bahwa pemaknaan khalayak terhadap media dapat dikelompokkan menjadi tiga kategori, yaitu Posisi Dominan-Hegemonik (Dominant-Hegemonic Position), Posisi Negosiasi (Negotiated Position), dan Posisi Oposisi (Oppositional Position). Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme sosial dengan pendekatan kualitatif deskriptif dan strategi penelitian studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi partisipan, wawancara, dan dokumen. Teknik penarikan informan yang digunakan ialah purposive sampling. Keabsahan data diperoleh dengan melakukan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua informan yang berada di posisi dominan, satu informan di posisi negosiasi, dan dua informan di posisi oposisi. Dua informan di posisi dominan menilai film ini menggambarkan perselingkuhan dalam lingkungan keluarga secara realistis dan memberikan edukasi terkait pentingnya menjaga batasan dalam keluarga. Sementara itu, satu informan di posisi negosiasi sepakat bahwa perselingkuhan dalam keluarga adalah hal yang salah dan tidak dapat dibenarkan, namun informan ini menafsirkan beberapa aspek film berdasarkan pengalaman pribadi dan konteks sosial-budaya yang lebih relevan bagi dirinya. Dua informan lainnya di posisi oposisi menolak makna dominan yang disampaikan oleh film dan memberikan interpretasi alternatif terhadap representasi perselingkuhan yang ditampilkan. Mereka menilai bahwa film cenderung menyudutkan laki-laki dan tidak secara adil menggambarkan dinamika hubungan rumah tangga. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa Resepsi khalayak terhadap perselingkuhan dalam film “Ipar Adalah Maut” khususnya pada pria yang sudah menikah dan tinggal bersama iparnya, menunjukkan terdapat perbedaan pemaknaan yang diterima oleh masing-masing informan. Perbedaan pemaknaan ini menunjukkan bahwa proses decoding bersifat aktif dan dipengaruhi oleh faktor latar belakang, pengalaman, pandangan, dan nilai sosial masing-masing individu dalam memaknai pesan yang disampaikan dalam film “Ipar Adalah Maut”. Saran penelitian bagi industri perfilman adalah untuk mempertimbangkan keberagaman cara audiens dalam memaknai media khususnya jika mengangkat isu-isu sensitif di masyarakat. Bagi peneliti selanjutnya agar memperluas segmentasi informan. Kata Kunci : Resepsi Khalayak, Encoding, Decoding, Film ***** This research is motivated by the increasingly complex social issues that occur in society. The phenomenon of infidelity which is a reality in society is also often raised in Indonesian films. The movie “Ipar Adalah Maut” illustrates the dynamics and conflicts that occur in family relationships, especially in-law relationships, which are often seen as close family but it turns out that the presence of in-laws has the potential to present conflict. The purpose of this research is to find out how the audience's reception of infidelity in the movie “Ipar Adalah Maut” (Case Study on a married man who lives with his Sister-in-law). This research uses the audience reception theory coined by Stuart Hall. This theory is strongly influenced by the encoding and decoding model. Hall explains that the audience's interpretation of the media can be grouped into three categories, namely Dominant-Hegemonic Position, Negotiated Position, and Oppositional Position. This research uses a social constructivism paradigm with a descriptive qualitative approach and a case study research strategy. The data collection methods used in this research are participant observation, interviews, and documents. The informant withdrawal technique used was purposive sampling. Data validity was obtained by triangulating sources. The results showed that there were two informants who were in the dominant position, one informant in the negotiation position, and two informants in the opposition position. The audience's interpretation of infidelity in the movie Ipar Adalah Maut is different. Two informants in the dominant position considered that this movie depicted infidelity in a family environment realistically and provided education regarding the importance of maintaining boundaries in the family. Meanwhile, one informant in the negotiation position agreed that infidelity in the family is wrong and unjustified, but this informant interpreted some aspects of the film based on personal experiences and socio-cultural contexts that were more relevant to him. The other two informants in the opposition position rejected the dominant meaning conveyed by the movie and provided alternative interpretations of the representation of infidelity shown. They considered that the movie tended to corner men and did not fairly portray the dynamics of domestic relationships. The research concludes that the audience's reception of infidelity in the movie “Ipar Adalah Maut”, especially for men who are married and live with his Sister in-laws, shows that there are differences in the meaning received by each informant. This difference in meaning shows that the decoding process is active and influenced by background factors, experiences, views, and social values of each individual in interpreting the messages conveyed in the movie “Ipar Adalah Maut”. Research advice for the film industry is to consider the diversity of ways audiences interpret the media, especially if it raises sensitive issues in society. For future researchers to expand the segmentation of informants. Keywords: Audience Reception, Encoding, Decoding, Movie
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Dr. Maulina Larasati Putri, M.I.Kom. ; 2) Dr. Vera Wijayanti Sutjipto, M.Si. |
Subjects: | Ilmu Sosial > Komunikasi |
Divisions: | FIS > S1 Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Najla Zahrani Aulia . |
Date Deposited: | 06 Aug 2025 01:19 |
Last Modified: | 06 Aug 2025 01:19 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/58108 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |