MUHAMMAD ZACKY, . (2025) DAMPAK KONTEN DARK JOKES DI MEDIA SOSIAL PADA PERILAKU VERBAL BULLYING PESERTA DIDIK (STUDI DESKRIPTIF PADA PESERTA DIDIK SMP NEGERI 67 JAKARTA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (304kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (470kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (291kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (687kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (279kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (262kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan dampak konten dark jokes di media sosial terhadap perilaku verbal bullying pada peserta didik SMP Negeri 67 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, penelitian ini mengidentifikasi dua bentuk perilaku verbal bullying: perilaku tertutup dan perilaku terbuka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada dampak dari konten dark jokes di media sosial pada perilaku verbal bullying peserta didik melalui bentuk perilaku terbuka yaitu, terdapat peserta didik yang menunjukkan perubahan interaksi pertemanan antar peserta didik. Kemudian bentuk perilaku tertutup yaitu peserta didik cenderung memendam perasaan pada pelaku verbal bullying yang akhirnya berdampak pada ketidaknyamanan dalam proses kegiatan belajar di sekolah. Penelitian ini juga mendeskripsikan faktor-faktor yang membentuk perilaku verbal bullying tersebut berdasarkan teori pembelajaran sosial Albert Bandura, di antaranya yaitu faktor motivasi eksternal yang meliputi perilaku peserta didik yang mencontoh perilaku teman-temannya dalam melakukan tindakan verbal bullying, kemudian faktor model sebagai motivator yang mencakup perilaku teman sebaya yang dominan melakukan perilaku tersebut sebagai dampak dari adanya model yang mereka lihat di media sosial sebagai sarana penyebaran konten dark jokes. Penelitian ini menekankan pentingnya peran pihak sekolah dalam melihat perilaku verbal bullying ini sebagai dampak yang berkelanjutan jika tidak adanya edukasi mengenai perilaku bullying. Kata Kunci: Verbal Bullying, Dark Jokes, Media Sosial, Peserta Didik, Teori Pembelajaran Sosial. ***** This research aims to describe the impact of dark jokes content on social media on verbal bullying behavior among students at SMP Negeri 67 Jakarta. The study employs a descriptive method with a qualitative approach, identifying two forms of verbal bullying: covert behavior and overt behavior. Research findings indicate that dark jokes content on social media impacts students' verbal bullying behavior through overt manifestations, where some students exhibit changes in their social interactions. Furthermore, covert behavior is observed as students tend to suppress their feelings towards verbal bullying perpetrators, ultimately leading to discomfort during learning activities at school.The study also examines the factors contributing to this verbal bullying behavior based on Albert Bandura's social learning theory. These factors include external motivation, which encompasses students imitating the verbal bullying behaviors of their peers , and models as motivators, which involves dominant peer behavior influenced by models observed on social media as a medium for disseminating dark jokes content. This research emphasizes the crucial role of schools in recognizing verbal bullying as a continuous issue if there is a lack of education regarding bullying behavior. Keywords: Verbal Bullying, Dark Jokes, Social Media, Students, Social Learning Theory.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof. Dr. Budiaman, M.Si. ; 2). Dr. Shahibah Yuliani, S.Sos., M.Pd. |
Subjects: | Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum) Ilmu Sosial > Patologi Sosial dan Kesejahteraan Sosial Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan IPS |
Depositing User: | Muhammad Zacky . |
Date Deposited: | 06 Aug 2025 01:44 |
Last Modified: | 06 Aug 2025 01:44 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/58132 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |