PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR TEMA PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN DALAM MUATAN PEMBELAJARAN IPS KELAS V SEKOLAH DASAR

RIYAN TAMARA AJI PUTRA, . (2020) PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR TEMA PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN DALAM MUATAN PEMBELAJARAN IPS KELAS V SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (451kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (646kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (725kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (420kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (489kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui ketertarikan peserta didik kelas V SD terhadap desain tampilan dan pengoperasian buku cerita bergambar “PERJALANAN MENUJU PROKLAMASI”, serta mengetahui validitas buku cerita bergambar “PERJALANAN MENUJU PROKLAMASI”. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN Menteng 02 Jakarta sebanyak 29 orang. Jenis metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ASSURE yang terdiri dari menganalisis peserta didik; media dan material; membutuhkan partistispasi peserta didik; dan mengevaluasi dan merevisi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan kuseioner. Di akhir penelitian ini menghasilan bproduk berupa buku cerita bergambar untuk peserta didik kelas V sekolah dasar. Hasil uji coba pengembangan buku cerita bergambar kepada tiga ahli, dieroleh nilai rata-rata 96% atau media masuk kedalam kategori sangat baik, sedangkan hasil uji coba di lapangan mendapatkan nilai rata-rata untuk keseluruhan aspek sebesar 93% dan bisa dimasukan dalam kategori sangat baik. Hal ini menujukkan bahwa peserta didik tertarik untuk menggunakan buku cerita bergambar “PEJALANAN MENUJU PROKLAMASI” dalam pembelajaran IPS. This research and development was purpose to knew about students opinions about product design and operational steps of “PERJALANAN MENUJU PROKLAMASI” pictures book, also to knew validity of “PERJALANAN MENUJU PROKLAMASI” pictures book. The sample of this research was 29 students at Menteng 02 Jakarta Elementary School. This research used ASSURE as methodology, ASSURE has six steps: Analyze learners; State objectives; select methods, media and material; Utilize media and material; Require learner participation; and Evaluate and revise. Data collection technique used observation, interview and questioner. “PERJALANAN MENUJU PROKLAMASI: pictures book was the result of this research. Expert judgement with three experts result said that “PERJALANAN MENUJU PROKLAMASI” picture book got 96% mean and comes to very good category, and user judgement with three steps as one-to-one trying out, small group try out and field try out got 93% mean for whole product aspect. This result show us that student was have good opinions to used “PERJALANAN MENUJU PROKLAMASI” pictures book in social studies lesson in classroom.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. M. Syarif Sumantri, M. Pd. ; 2). Dr. Ika Lestari, S. Pd, M. Si.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1632 not found.
Date Deposited: 27 Mar 2020 12:32
Last Modified: 27 Mar 2020 12:32
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/5824

Actions (login required)

View Item View Item