Penerapan Model Teams Assisted Individualization Dengan Teknik Probing Prompting Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Matematis dan Kolaboratif Siswa

RICKY SEPTIAN GUMAY, . (2025) Penerapan Model Teams Assisted Individualization Dengan Teknik Probing Prompting Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Matematis dan Kolaboratif Siswa. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (815kB)
[img] Text
2. BAB I.pdf

Download (249kB)
[img] Text
3. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (442kB) | Request a copy
[img] Text
4. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (56kB) | Request a copy
[img] Text
7. Daftar Pustaka.pdf

Download (296kB)
[img] Text
8. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis matematis dan kolaboratif siswa kelas XI TITL SMK Tunggal Prakarsa dengan menerapkan model Teams Assisted Individualization dengan teknik Probing Prompting pada materi lingkaran. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari tiga siklus dengan berpedoman pada model Kemmis dan McTaggart. Subjek penelitian pada penelitian ini terdiri dari 6 siswa yang mewakili siswa dengan kemampuan pada kategori tinggi, sedang, dan rendah pada keterampilan berpikir kritis matematis dan kolaborasi siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menerapkan model Teams Assisted Individualization dengan teknik Probing Prompting dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis matematis dan kolaboratif siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa peningkatan oleh subjek penelitian dilihat dari hasil tes akhir berpikir kritis matematis dan angket kolaboratif siswa telah mencapai atau melebihi kategori “Cukup” pada keduanya. Pada siklus I diperoleh bahwa terdapat satu subjek penelitian yang berada di bawah kategori “Cukup” pada keterampilan berpikir kritis matematis dan dua subjek penelitian yang berada di bawah kategori “Cukup” pada keterampilan kolaborasi. Siklus II menghasilkan seluruh subjek penelitian berada atau di atas kategori “Cukup” pada keterampilan berpikir kritis matematis dan satu subjek penelitian berada di bawah kategori “Cukup” pada keterampilan kolaborasi. Pada Siklus III seluruh subjek penelitian sudah mencapai atau melebihi kategori “Cukup” pada kedua keterampilan. ***** This study aims to improve the critical thinking and collaborative skills of Class XI TITL students at SMK Tunggal Prakarsa by implementing the Teams Assisted Individualization model combined with the Probing Prompting technique in the topic of circles. This research is a Classroom Action Research consisting of three cycles, following the Kemmis and McTaggart model. The research subject consisted of 6 students representing high, medium, and low categories in both critical thinking and collaborative skills. The results show that the application of Teams Assisted Individualization with the Probing Prompting technique can enhance students’ critical thinking and collaborative skills. The improvement is evidenced by the final critical thinking test result and the collaborative skills questionnaires, which indicate that all subjects reached or exceeded the “Sufficient” category in both aspects. In Cycle I, one research subject was below the “Sufficient” category in critical thinking, and two research subjects were below “Sufficient” in collaboration. In Cycle II, all research subjects reached at least the “Sufficient” category in critical thinking, although one research subject remained below “Sufficient” in collaboration. In Cycle III, all research subjects achieved or surpassed the “Sufficient” category in both skills.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Pinta Deniyanti Sampoerno, M.Si. ; 2). Dr. Eti Dwi Wiraningsih, M.Si.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Sains > Matematika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Ricky Septian Gumay .
Date Deposited: 06 Aug 2025 03:05
Last Modified: 06 Aug 2025 03:05
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/58250

Actions (login required)

View Item View Item