PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN TEMAN SEBAYA TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA DI SMK NEGERI 12 JAKARTA

FALYA UTAMI PUTRI, . (2025) PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN TEMAN SEBAYA TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA DI SMK NEGERI 12 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (485kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (553kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (500kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (544kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (337kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (295kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh lingkungan keluarga dan teman sebaya terhadap kedisiplinan belajar siswa di SMK Negeri 12 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner kepada 103 responden yang dipilih melalui teknik probability yaitu proportional random sampling sebagai teknik pengambilan sampel. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan variabel lingkungan keluarga (X1) dan variabel teman sebaya (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel kedisiplinan belajar (Y) dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Selain itu, pada hasil uji koefisien determinasi (R2) juga di dapati bahwa nilai R square pada variabel independen lingkungan keluarga (X1) dan teman sebaya (X2) berkontribusi sebesar 58,5% dalam mempengaruhi variabel dependen kedisiplinan belajar (Y). ***** This study aims to analyze the influence of family environment and peers on student discipline at SMK Negeri 12 Jakarta. This study uses a quantitative method by distributing questionnaires to 103 respondents selected through a probability technique, namely proportional random sampling as a sampling technique. The data analysis technique used is multiple linear regression analysis. The results of the study indicate that simultaneously the family environment variable (X1) and peer variables (X2) have a significant effect on the learning discipline variable (Y) with a significance value of 0.000 <0.05. In addition, the results of the determination coefficient test (R2) also found that the R square value of the independent variables of the family environment (X1) and peers (X2) contributed 58.5% in influencing the dependent variable of learning discipline (Y).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1.) Dr. Rr Sri Kartikowati, M.A., M.Bus. ; 2.) Nadya Fadillah Fidhyallah, S.Pd., M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Divisions: FE > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Falya Utami Putri .
Date Deposited: 06 Aug 2025 03:16
Last Modified: 06 Aug 2025 03:16
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/58272

Actions (login required)

View Item View Item