PENGARUH INTENSITAS PENGGUNAAN PLATFORM MERDEKA MENGAJAR (PMM) TERHADAP EFEKTIVITAS MENGAJAR GURU SOSIOLOGI SMA NEGERI DI DKI JAKARTA

SASKIA GUSTIANNISA, . (2025) PENGARUH INTENSITAS PENGGUNAAN PLATFORM MERDEKA MENGAJAR (PMM) TERHADAP EFEKTIVITAS MENGAJAR GURU SOSIOLOGI SMA NEGERI DI DKI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (707kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (672kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (483kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (437kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (364kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

PMM menjadi inovasi baru dalam dunia pendidikan. Platform ini dinilai untuk memberikan kemudahan bagi guru dalam meningkatkan keterampilan mengajar. Namun, banyaknya penugasan yang harus diselesaikan membuat guru merasakan beban administrasi yang mengganggu efektivitas pengajaran. Maka dari itu, penelitian ini dilakukan untuk menganalisis apakah terdapat pengaruh antara penggunaan PMM terhadap efektivitas mengajar guru sosiologi di DKI Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Pada penelitian ini, terdapat 1 variabel bebas yaitu Intensitas Penggunaan PMM (X) dan 1 variabel terikat yaitu Efektivitas Mengajar Guru (Y). Penelitian ini menggunakan teori Chris Kyriacou mengenai efektivitas mengajar. Penelitian berlangsung dari bulan Agustus 2024 hingga Mei 2025 dengan responden penelitian adalah guru sosiologi SMA Negeri di DKI Jakarta sebanyak 121 guru. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah probability sampling dengan jenis simple random sampling. Data sekunder dalam penelitian ini menggunakan dokumen, jurnal, karya ilmiah, dan buku. Sementara itu, data primer diperoleh langsung menggunakan kuesioner dengan skala likert. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji statistik deskripsi data, uji prasyarat, dan uji hipotesis, dengan dibantu oleh Microsoft Excel dan SPSS versi 26. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh antara intensitas penggunaan PMM (PMM) sebagai variabel bebas (X) dengan efektivitas mengajar sebagai variabel terikat (Y). Hal ini terbukti dengan hasil model regresi Y = 69,335 + 0,333, serta hasil dari analisis regresi linear sederhana dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa variabel bebas (X) berpengaruh terhadap variabel terikat (Y) dan hipotesis H1 diterima. Hasil uji t kemudian menunjukkan bahwa variabel bebas berpengaruh juga terhadap variabel terikat, dengan nilai t hitung lebih besar dari nilai t tabel yaitu 5,891 > 1,657 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Lebih lanjut, uji koefisien determinasi menghasilkan nilai R2 atau R-Square sebesar 0, 226, yang artinya mengindikasikan pengaruh sebesar 22,6% tanpa adanya variabel lain yang diteliti. Kata Kunci: Intensitas, PMM, Efektivitas Mengajar PMM is an innovation in the field of education designed to help teachers improve their teaching skills. However, the numerous tasks that need to be completed create an administrative burden, which can affect teaching effectiveness. Therefore, this study aims to analyze whether there is an impact of using the PMM platform on the teaching effectiveness of sociology teachers in public senior high schools in DKI Jakarta. ***** This research uses a quantitative approach with a survey method. In this study, there is one independent variable (X) which is the Use of the PMM, and one dependent variable (Y) which is the Teaching Effectiveness of Teachers. The theoretical framework of this study is based on Chris Kyriacou's theory of teaching effectiveness. The research was conducted from August 2024 to May 2025, with 121 sociology teachers from public senior high schools in DKI Jakarta as respondents. The sampling technique used was probability sampling with simple random sampling. The secondary data in this study were obtained from documents, journals, scholarly papers, and books. Meanwhile, the primary data were collected directly through a Likert scale questionnaire. The data analysis technique used in this research includes descriptive statistics, prerequisite testing, and hypothesis testing, assisted by Microsoft Excel and SPSS version 26. The results of this study indicate that there is an influence between the intensity of using the Merdeka Mengajar Platform (PMM) as the independent variable (X) and teaching effectiveness as the dependent variable (Y). This is evidenced by the results of the regression model Y = 69.335 + 0.333, as well as the results of simple linear regression analysis with a significance value of 0.000 <0.05. This shows that the independent variable (X) has an effect on the dependent variable (Y) and hypothesis H1 is accepted. The t test results then show that the independent variable also affects the dependent variable, with a calculated t value greater than the t table value of 5.891> 1.657 and a significance value of 0.000 < 0.05. Furthermore, the coefficient of determination test produces an R2 or R-Square value of 0, 226, which means it indicates an influence of 22.6% in the absence of other variables studied. Keywords: Intensity, PMM, Teaching Effectiveness

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Ahmad Tarmiji Alkhudri, M.Si ; 2). Syaifudin, M. Kesos
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Saskia Gustiannisa .
Date Deposited: 06 Aug 2025 03:43
Last Modified: 06 Aug 2025 03:43
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/58288

Actions (login required)

View Item View Item