OPTIMASI KINERJA MESIN KENDARAAN BERBAHAN BAKAR GAS LPG DENGAN VARIASI TEKANAN KELUAR GAS DAN WAKTU PENGAPIAN

AGUNG FADHILLAH, . (2025) OPTIMASI KINERJA MESIN KENDARAAN BERBAHAN BAKAR GAS LPG DENGAN VARIASI TEKANAN KELUAR GAS DAN WAKTU PENGAPIAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (266kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (624kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (750kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (454kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (249kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pemanfaatan bahan bakar gas (BBG) pada kendaraan bermotor merupakan salah satu inovasi untuk mendukung penggunaan energi alternatif yang lebih bersih dan ramah lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh variasi tekanan bahan bakar gas (2, 3, dan 4 bar) serta variasi waktu pengapian (15º BTDC, 17,5º BTDC, 20º BTDC) terhadap performa mesin sepeda motor Honda Beat tahun 2019, ditinjau dari torsi, daya, dan emisi gas buang CO & HC. Penelitian menggunakan metode eksperimen dengan pengujian dynotest untuk mengukur torsi dan daya, serta gas analyzer untuk mengukur emisi gas buang berupa CO dan HC. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah tekanan bahan bakar gas dan waktu pengapian, sedangkan variabel terikatnya adalah torsi, daya, dan emisi gas buang CO&HC. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variasi tekanan bahan bakar gas dan waktu pengapian memberikan pengaruh signifikan terhadap performa mesin dan emisi gas buang. Kombinasi parameter tertentu dapat meningkatkan torsi dan daya, sekaligus menekan emisi CO dan HC. Hasil ini diharapkan dapat menjadi referensi teknis dan ilmiah dalam upaya optimalisasi performa sekaligus pengurangan emisi kendaraan berbahan bakar gas. ***** The utilization of gas fuel (BBG) in motor vehicles is one of the innovations to support the use alternative energi that is cleaner and enviromentally friendly. This study aims to identify the effect of fuel gas pressure variations (2 bar, 3 bar, 4 bar) and ignition time variations (15º BTDC, 17,5º BTDC, 20º BTDC) on the performance of the Honda Beat Motorcycle engine in 2019, in terms of torque and power produced and CO & HC exhaust emissions. The study used an experimental method with dynotes testing to measure torque and power, and CO & HC exhaust emissions. The result showed that variations in fuel gas pressure and ignition timing had a significant effect on engine performance and exhaust emissions. The combination of certain parameters can increase torque and power, while reducing CO and HC emissions. These results are expected to be a technical and scientific reference in efforts to optimize performance while reducing emissions of gas-fueled vehicles.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Darwin Rio Budi Syaka, M.T. ; 2) Drs. Adi Tri Tyassmadi, M.Pd.
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Mesin, Mekanika Teknik
Teknologi dan Ilmu Terapan > Otomotif, Astronotika
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Agung Fadhillah .
Date Deposited: 06 Aug 2025 03:49
Last Modified: 06 Aug 2025 03:49
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/58297

Actions (login required)

View Item View Item