PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR YANG KREATIF, ORIENTASI TUJUAN PEMBELAJARAN, DAN IKATAN JARINGAN TERHADAP KREATIVITAS SISWA DI SMKN 42 JAKARTA DENGAN BERBAGI PENGETAHUAN SEBAGAI MEDIATOR

SYEILA PUSPITA ANGGRAENI, . (2025) PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR YANG KREATIF, ORIENTASI TUJUAN PEMBELAJARAN, DAN IKATAN JARINGAN TERHADAP KREATIVITAS SISWA DI SMKN 42 JAKARTA DENGAN BERBAGI PENGETAHUAN SEBAGAI MEDIATOR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (788kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (571kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (546kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (410kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (693kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (308kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Pengaruh Lingkungan Belajar yang Kreatif, Orientasi Tujuan Pembelajaran, dan Ikatan Jaringan Terhadap Kreativitas Siswa di SMKN 42 Jakarta dengan Berbagi Pengetahuan sebagai Mediator. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan melakukan penyebaran angket melalui Google Form. Populasi yang digunakan adalah siswa SMKN 42 Jakarta pada kelas X dan XI. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik proporsionate stratified random sampling dengan menerapkan rumus Hair, sehingga total minimal sampel yang dibutuhkan adalah 150 siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis Penilaian Model Pengukuran (Outer Model), Penilaian Model Struktural (Inner Model), dan Analisis Hipotesis untuk menguji pengaruh langsung (direct effect) dan pengaruh tidak langsung (indirect effect) dimana pengujian akan dilakukan menggunakan bantuan perangkat lunak SmartPLS 4.0. Hasil yang diperoleh adalah variabel mediasi yaitu berbagi pengetahuan berpengaruh positif signifikan terhadap kreativitas siswa, ketiga variabel independen yaitu lingkungan belajar yang kreatif, orientasi tujuan pembelajaran, dan ikatan jaringan berpengaruh positif signifikan terhadap kreativitas siswa ketika dimediasi oleh berbagi pengetahuan. Indikator paling berpengaruh yaitu lingkungan fisik dengan skor sebesar 667 dalam lingkungan belajar yang kreatif terhadap berbagi pengetahuan maupun kreativitas siswa. Kemudian yang kurang berpengaruh yaitu dimensi relasional dengan skor sebesar 554 dalam ikatan jaringan terhadap berbagi pengetahuan maupun kreativitas siswa. Lingkungan belajar yang mendukung kreativitas mendorong siswa bertukar ide melalui kegiatan kolaboratif, diskusi, dan kerja kelompok untuk menemukan solusi kreatif. Keinginan mempelajari hal baru juga menuntut siswa berbagi pengetahuan agar memperoleh informasi yang memperkaya wawasan dan meningkatkan kemampuan diri. Selain itu, ikatan jaringan dengan teman, guru, atau lingkungan di luar sekolah memperluas akses informasi yang mendukung pengembangan kreativitas siswa. ****** This study was conducted to determine the effect of creative learning environment, learning goal orientation, and network ties on student creativity at SMKN 42 Jakarta with knowledge sharing as a mediator. The study used a quantitative approach by distributing questionnaires through Google Form. The population used is students of SMKN 42 Jakarta in grades X and XI. The sampling method uses proportionate stratified random sampling technique by applying Hair's formula, so that the total minimum sample required is 150 students. The data analysis technique used is the analysis of the Measurement Model Assessment (Outer Model), Structural Model Assessment (Inner Model), and Hypothesis Analysis to test the direct effect and indirect effect where testing will be carried out using SmartPLS 4.0 software assistance. The results obtained are the mediating variable, namely knowledge sharing, has a significant positive effect on student creativity, the three independent variables, namely the creative learning environment, learning goal orientation, and network ties, have a significant positive effect on student creativity when mediated by knowledge sharing. The most influential indicator is the physical environment, with a score of 667 in a creative learning environment for knowledge sharing and student creativity. The least influential indicator is the relational dimension, with a score of 554 in network connections for knowledge sharing and student creativity. A learning environment that supports creativity encourages students to exchange ideas through collaborative activities, discussions, and group work to find creative solutions. The desire to learn new things also requires students to share knowledge in order to obtain information that enriches their insights and improves their abilities. In addition, networking with friends, teachers, or environments outside of school expands access to information that supports the development of students' creativity.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Susan Febriantina, S.Pd., M.Pd. 2). Ervina Maulida, S.Pd., MBA.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Divisions: FE > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Syeila Puspita Anggraeni .
Date Deposited: 06 Aug 2025 03:55
Last Modified: 06 Aug 2025 03:55
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/58301

Actions (login required)

View Item View Item