NISA ZAHRANI SAVITRI, . (2025) PENGARUH DERAJAT LINGKUNGAN SOSIAL DAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP SIKAP PENGGUNA TRANSPORTASI MODA RAYA TERPADU (MRT) JAKARTA RUTE DUKUH ATAS - BLOK M. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (894kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (776kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (586kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (522kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (277kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (315kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN DAN DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Transportasi umum menjadi solusi dalam mengatasi permasalahan mobilitas perkotaan, terutama dalam kemacetan di Jakarta. MRT Jakarta hadir sebagai inovasi transportasi publik untuk meningkatkan efisiensi mobilitas masyarakat. Namun, sikap individu dalam menggunakan transportasi umum tidak hanya dipengaruhi oleh faktor infrastruktur, melainkan juga oleh aspek sosial, seperti lingkungan sosial dan media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh lingkungan sosial dan media sosial terhadap sikap pengguna MRT Jakarta rute Dukuh Atas – Blok M. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Terdapat dua variabel independen yaitu Lingkungan Sosial dan Media Sosial, serta satu variabel dependen yaitu Sikap. Teori-teori yang digunakan meliputi Teori Sikap dari Rosenberg dan Hovland, Teori Lingkungan Sosial oleh Ralph Linton, serta Teori Uses and Gratifications dari Elihu Katz. Respondennya adalah para pengguna aktif MRT Jakarta yang juga menjadi pengikut akun instagramnya yaitu @mrtjkt. Penelitian dilakukan di MRT Jakarta rute Dukuh Atas – Blok M dengan sampel berjumlah 100 orang. Adapun Teknik pengambilan sampel yang digunakan oleh peneliti adalah teknik Non Probability Sampling dengan jenis Purposive Sampling. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh langsung dengan menyebarkan kuesioner berskala Likert. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik deskriptif dan infrensial dibantu Microsoft Excel dan SPSS Versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara derajat lingkungan sosial dan penggunaan media sosial terhadap sikap pengguna MRT Jakarta. Hasil regresi linear berganda menunjukkan bahwa lingkungan sosial memiliki koefisien regresi sebesar 0,296, dan media sosial sebesar 0,177, yang berarti keduanya berpengaruh positif terhadap sikap pengguna MRT. Uji t menunjukkan bahwa kedua variabel memiliki pengaruh signifikan terhadap sikap pengguna, dengan nilai signifikansi masing-masing 0,001 (X₁) dan 0,034 (X₂). Uji F menghasilkan nilai signifikansi 0,001 dan F hitung sebesar 12,788, yang berarti kedua variabel secara bersama-sama berpengaruh signifikan. Uji Koefisien Determinasi menunjukkan nilai sebesar 0,192 mengindikasikan bahwa 19,2% variasi sikap pengguna MRT Jakarta dapat dijelaskan oleh lingkungan sosial dan media sosial, sedangkan sisanya sebesar 80,8% dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian. ***** Public transportation is the main solution in overcoming urban mobility problems, especially in reducing congestion in Jakarta. The Jakarta MRT is present as a public transportation innovation to improve the efficiency of community mobility. However, individual attitudes in using public transportation are not only influenced by infrastructure factors, but also by social aspects, such as social environment and social media. This study aims to analyze the influence of social environment and social media on the attitude of Jakarta MRT users on the Dukuh Atas - Blok M route. This research uses a quantitative approach with a survey method. There are two independent variables, namely Social Environment and Social Media, and one dependent variable, namely Attitude. The theories used include Attitude Theory from Rosenberg and Hovland, Social Environment Theory by Ralph Linton, and Uses and Gratifications Theory from Elihu Katz to measure Social Media. This research was conducted from March 2024 to June 2025. The respondents were active users of the Jakarta MRT who were also followers of its Instagram account, @mrtjkt. The research was conducted at the Jakarta MRT on the Dukuh Atas - Blok M route with a sample of 100 people. The sampling technique used by researchers is Non Probability Sampling technique with Purposive Sampling type. This research uses primary data obtained directly by distributing a five-category Likert scale questionnaire, namely Strongly Disagree (1), Disagree (2), Neutral (3), Agree (4), and Strongly Agree (5). The data analysis technique in this research uses descriptive and inferential statistics assisted by Microsoft Excel and SPSS Version 26. The results showed that there is a significant influence between the social environment and social media on the attitude of Jakarta MRT users. The multiple linear regression results show that the social environment has a regression coefficient of 0.296, and social media of 0.177, which means both have a positive effect on the attitude of MRT users. The t test shows that both variables have a significant influence on user attitudes, with a significance value of 0.001 (X₁) and 0.034 (X₂) respectively. The F test resulted in a significance value of 0.001 and an F count of 12.788, which means that the two variables together have a significant effect. The Coefficient of Determination test shows a value of 0.192 indicating that 19.2% of the variation in the attitudes of Jakarta MRT users can be explained by the social environment and social media, while the remaining 80.8% is influenced by other factors outside the research.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Yuanita Aprilandini Siregar, M.Si. 2). Dr. Ahmad Tarmiji Alkhudri, M.Si. |
Subjects: | Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum) Ilmu Sosial > Transportasi Ilmu Sosial > Sosiologi |
Divisions: | FIS > S1 Sosiologi |
Depositing User: | Nisa Zahrani Savitri . |
Date Deposited: | 06 Aug 2025 04:42 |
Last Modified: | 06 Aug 2025 04:42 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/58307 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |