ROIDAH ADILAH, . (2025) PENGARUH ADOPSI DIGITAL PAYMENT, PENDAPATAN, DAN LITERASI KEUANGAN TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF GEN-Z DI DKI JAKARTA DENGAN KONTROL DIRI SEBAGAI VARIABEL MODERASI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (382kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (474kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (481kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (818kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (290kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (268kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh adopsi digital payment, pendapatan, dan literasi keuangan terhadap perilaku konsumtif generasi Z di DKI Jakarta, serta peran kontrol diri sebagai variabel moderasi dalam memoderasi hubungan antara variabel independen dan variabel dependen. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah generasi Z di DKI Jakarta. Sampel terdiri dari 100 responden yang ditentukan menggunakan rumus Taro Yamane. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah SEM-PLS dengan bantuan SmartPLS 4.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adopsi digital payment, pendapatan, dan literasi keuangan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif, dan kontrol diri berperan dalam memoderasi hubungan antara adopsi digital payment, pendapatan, literasi keuangan terhadap perilaku konsumtif***This study aims to examine the influence of digital payment adoption, income, and financial literacy on the consumptive behavior of Generation Z in DKI Jakarta, as well as the role of self-control as a moderating variable in moderating the relationship between the independent variables and the dependent variable. The research method used is a survey method with a quantitative approach. The population of this study is Generation Z in DKI Jakarta. The sample consisted of 100 respondents determined using the Taro Yamane formula. Data collection was conducted using questionnaires. The data analysis technique used is SEM-PLS with the assistance of SmartPLS 4.0. The results show that digital payment adoption, income, and financial literacy have a positive and significant effect on consumptive behavior, and self-control plays a role in moderating the relationship between digital payment adoption, income, financial literacy, and consumptive behavior
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1).Prof. Dr. Saparuddin Mukhtar, SE., M.Si. 2).Dr. Herlitah, S.Sos., M.Ec.Dev. |
Subjects: | Ilmu Sosial > Teori Ekonomi Ilmu Sosial > Sejarah Ekonomi, Kondisi Ekonomi Ilmu Sosial > Keuangan Manajemen > Perilaku Konsumen |
Divisions: | FE > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Roidah Adilah . |
Date Deposited: | 06 Aug 2025 06:19 |
Last Modified: | 06 Aug 2025 06:19 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/58346 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |