RANCANG BANGUN KIT RANGKAIAN LISTRIK UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (TUNANETRA) TINGKAT SEKOLAH MENENGAH ATAS

APRILIA DWI LESTARI, . (2025) RANCANG BANGUN KIT RANGKAIAN LISTRIK UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (TUNANETRA) TINGKAT SEKOLAH MENENGAH ATAS. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. File Cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. FILE BAB I.pdf

Download (272kB)
[img] Text
3. FILE BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB) | Request a copy
[img] Text
4. FILE BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (419kB) | Request a copy
[img] Text
5. FILE BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (494kB) | Request a copy
[img] Text
6. FILE BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB) | Request a copy
[img] Text
7. FILE DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (248kB)
[img] Text
8. FILE LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun KIT rangkaian listrik untuk anak berkebutuhan khusus tunanetra menggunakan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate) yang dibatasi hanya sampai pada tahap Develop. Produk ini dirancang dengan memperhatikan kebutuhan dan kesesuaian dalam proses pembelajaran siswa tunanetra. Pada tahap Define, dilakukan studi literatur dan studi lapangan yaitu mengidentifikasi kebutuhan guru dan siswa untuk rencana pengembangan produk. Selanjutnya, tahap Design menghasilkan gambaran rancangan awal yang mencakup berbagai komponen KIT rangkaian listrik, serta instrumen uji ahli dan uji coba pengguna. Pada tahap Develop, dilakukan proses pembuatan produk, pengujian produk oleh ahli dan pengguna, serta evaluasi dan revisi. Hasil uji skala laboratorium membuktikan korelasi antara produk dengan teori rangkaian listrik, kemudian hasil uji ahli menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan siap digunakan dalam pembelajaran, dan hasil uji coba pengguna menyatakan bahwa produk yang dikembangkan sangat baik dan memudahkan pengguna dalam memahami materi rangkaian listrik. Oleh karena itu, KIT rangkaian listrik yang dikembangkan sesuai dengan kebutuhan dan dapat digunakan dalam pembelajaran siswa tunanetra. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan dalam pengembangan media pembelajaran khusus lainnya dengan prinsip pembelajaran yang lebih interaktif dan sesuai. ***** This research aims to design and develop an electrical circuit kit for visually impaired students with special needs using the 4D development model (Define, Design, Develop, Disseminate), limited to the Develop stage. The product is designed with consideration for the needs and suitability of the learning process for visually impaired students. In the Define stage, literature reviews and field studies were conducted to identify the needs of teachers and students for the product development plan. Next, the Design stage produced an initial design that included various components of the electrical circuit kit, as well as expert testing instruments and user trials. In the Develop stage, the product was manufactured, tested by experts and users, and evaluated and revised. Laboratory-scale testing results demonstrated a correlation between the product and electrical circuit theory. Expert testing results indicated that the developed product is suited for use in learning, and user testing results stated that the developed product is excellent and facilitates users in understanding electrical circuit material. Therefore, the developed electrical circuit kit aligns with the needs and can be used in the learning process for visually impaired students. This research is expected to be a reference in the development of other special learning media with more interactive and appropriate learning principles.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Prof. Dr. Esmar Budi, S.Si., M.T. 2) Upik Rahma Fitri, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Pendidikan > Media Pembelajaran
Sains > Fisika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Aprilia Dwi Lestari .
Date Deposited: 06 Aug 2025 07:36
Last Modified: 06 Aug 2025 07:36
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/58388

Actions (login required)

View Item View Item