ALAT PERAGA KESETIMBANGAN BENDA TEGAR UNTUK PEMBELAJARAN FISIKA SMA KELAS XI

FILADELFIA ROMADILAH, . (2020) ALAT PERAGA KESETIMBANGAN BENDA TEGAR UNTUK PEMBELAJARAN FISIKA SMA KELAS XI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (756kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (397kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (181kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (9kB)
[img] Text
lembar orisinalitas.pdf

Download (163kB)
[img] Text
18. Daftar Riwayat Hidup Fila.pdf

Download (316kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran dalam bentuk alat peraga kesetimbangan benda tegar dengan yang layak digunakan untuk mendukung proses pembelajaran. Metode penelitian ini menggunakan model ADDIE yang meliputi lima tahapan, yaitu tahap analisis (Analyze), tahap perencanaan (Design), tahap pengembangan (Development), tahap implementasi (Implementation),dan tahap evaluasi (Evaluate). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi, angket dan hasil belajar peserta didik. Pengembangan produk ini telah menghasilkan alat peraga dengan persentase kevalidan produk oleh validator ahli materi sebesar 88%, validator ahli media sebesar 87% dan validator ahli pembelajaran sebesar 84% dengan kategori sangat layak. N-Gain yang diperoleh pada tahap test pemahaman peserta didik sebesar 0,5 dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa alat peraga kesetimbangan benda tegar untuk pembelajaran berbasis masalah yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kelayakan penggunaan alat peraga sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran fisika. **********   ABSTRACT This study aims to produce learning media product in the form of rigid equilibrium props that are appropriate to be used to support the learning process. The research method used the ADDIE models which includes five phase namely is Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation phase. The instrument used in this study are validation sheets, quetionnaires and student learning outcome, the development of this product has produced teaching aids with the percentage of product validity by material expert validators by 88%, media expert validators by 87% and learning expert validators by 85% with very feasible categories. N-Gain obtained in the test phase of student understand is 0.5 with the medium category. Based on the result of the study, it can be concluded that rigid equilibrium props for problem-based learning developed have met the feasibiliy criteria for the use of teaching aids as a tool in the physics learning process.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. rer. nat. Bambang Heru Iswanto, M.Si. ; 2). Dr. Anggara Budi Susila, M.Si.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Sains > Fisika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 738 not found.
Date Deposited: 12 Jun 2020 11:02
Last Modified: 12 Jun 2020 11:02
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/5841

Actions (login required)

View Item View Item