MODEL PEMBELAJARAN LOKOMOTOR DI AIR DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA ADAPTIF PADA ANAK KELOMPOK UMUR 6-9 TAHUN DI RISING TIGER SPORTS ACADEMY

MUHAMMAD DIAS HIDAYAT, . (2025) MODEL PEMBELAJARAN LOKOMOTOR DI AIR DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA ADAPTIF PADA ANAK KELOMPOK UMUR 6-9 TAHUN DI RISING TIGER SPORTS ACADEMY. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (753kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (254kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (959kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (861kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (248kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji kelayakan model pembelajaran gerak lokomotor di air dengan menggunakan media adaptif pada anak usia 6-9 tahun di Rising Tiger Sports Academy. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan akan pendekatan pembelajaran yang aman, menyenangkan, dan sesuai dengan tahapan perkembangan anak dalam konteks lingkungan akuatik. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan pendekatan model ADDIE yang meliputi analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Model ini terdiri atas empat belas bentuk aktivitas lokomotor di air, seperti meluncur, melompat, serta keterampilan masuk dan keluar air secara aman. Media adaptif berupa board float, chain float, dan bola pingpong digunakan untuk menyesuaikan kebutuhan peserta didik. Validasi oleh pakar menunjukkan bahwa model ini layak diterapkan, sementara uji coba kelompok kecil dan besar menunjukkan adanya peningkatan kepercayaan diri serta penguasaan kemampuan motorik dasar akuatik peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media adaptif mendukung terciptanya proses pembelajaran yang sistematis, interaktif, dan sesuai perkembangan. Model ini dapat dijadikan acuan praktis bagi pendidik dan pelatih dalam merancang pembelajaran dasar gerak di air bagi anak usia dini.**** This study investigates the feasibility of a water locomotor learning model using adaptive media for children aged 6-9 years at Rising Tiger Sports Academy. The research was conducted in response to the need for a safe, engaging, and developmentally appropriate approach to aquatic instruction. Employing a research and development (R&D) methodology with the ADDIE model comprising analysis, design, development, implementation, and evaluation this study produced a model featuring fourteen aquatic locomotor activities, including gliding, jumping, and safe water entry and exit. Adaptive media such as board floats, chain floats, and ping pong balls were incorporated to accommodate learners' varying needs and abilities. Expert validation confirmed the model's appropriateness, and field trials with small and large groups demonstrated improved confidence and fundamental aquatic motor skills among participants. The results suggest that adaptive media enhance the learning environment by supporting structured, interactive, and developmentally aligned instruction. This model offers a practical framework for educators and coaches in designing foundational aquatic movement programs for young learners.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Oman Unju Subandi, M.Pd ; 2) Drs. Mustafa Masyhur, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Media Pembelajaran
Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga
Divisions: FIO > Pendidikan Jasmani
Depositing User: Muhammad Dias Hidayat .
Date Deposited: 07 Aug 2025 00:34
Last Modified: 07 Aug 2025 00:34
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/58424

Actions (login required)

View Item View Item