PENGARUH CIRCLE PERTEMANAN TERHADAP SOCIAL COGNITIVE PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 16 JAKARTA

MUHAMMAD RAHMAT ALWAFI, . (2025) PENGARUH CIRCLE PERTEMANAN TERHADAP SOCIAL COGNITIVE PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 16 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
(1) COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02 BAB I.pdf

Download (638kB)
[img] Text
03 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (801kB) | Request a copy
[img] Text
04 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (918kB) | Request a copy
[img] Text
05 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (955kB) | Request a copy
[img] Text
06 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB) | Request a copy
[img] Text
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (252kB)
[img] Text
08 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (990kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh circle pertemanan terhadap social cognitive pada peserta didik di SMP Negeri 16 Jakarta. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kejadian-kejadian yang melibatkan circle pertemanan yang ada di SMP Negeri 16 Jakarta di kalangan peserta didik baik yang positif maupun yang negatif. Metode pada penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling dengan jumlah responden sejumlah 168 peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 16 Jakarta. Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh antara circle pertemanan terhadap social cognitive. Hal ini didasari oleh uji regresi sederhana yang menunjukan nilai 0,000 yang lebih kecil dari 0,005 dengan korelasi sedang. Dalam perhitungan regresi linear sederhana menunjukan hal yang demikian dengan penambahan pengaruh circle pertemanan terhadap social cognitive. Pembuktian pada uji statistika atau t-test memiliki hasil yang serupa yaitu nilai sig. menunjukan 0,000 lebih kecil dibanding 0,005 dan Thitung 6,444 lebih besar dibandingkan Ttabel yaitu 1,654. Circle pertemanan mempengaruhi social cognitive sebesar 20% yang ditunjukan oleh perhitungan uji koefisien determinasi. ****** This study aims to determine the influence of peer circles on social cognition among students at SMP Negeri 16 Jakarta. The research is motivated by various incidents involving peer circles among students at SMP Negeri 16 Jakarta, both positive and negative. This study employs a quantitative method with a purposive sampling technique, involving 168 eighth-grade students at SMP Negeri 16 Jakarta as respondents. The results show that there is an influence of peer circles on social cognition. This is supported by a simple regression test which yielded a significance value of 0.000, less than 0.005, with a moderate correlation. The simple linear regression calculation also confirms this, showing an increasing effect of peer circles on social cognition. Statistical testing through a t-test produced similar results, with a significance value of 0.000, less than 0.005, and a t-count of 6.444, greater than the t-table value of 1.654. Peer circles influence social cognition by 20%, as indicated by the coefficient of determination test.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Budiaman, M.Si. ; 2). Nandi Kurniawan, S.Pd., M.Si.
Subjects: Ilmu Sosial > Komunitas Sosial, Ras dan Kelompok
Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Divisions: FIS > S1 Pendidikan IPS
Depositing User: Muhammad Rahmat Alwafi .
Date Deposited: 06 Aug 2025 14:39
Last Modified: 06 Aug 2025 14:39
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/58434

Actions (login required)

View Item View Item