PENGARUH MODIFIKASI DOUBLE CVT TERHADAP PERFORMA PADA SEPEDA MOTOR 110 CC

CALVIN OKTAFIAN GUNAWAN, . (2025) PENGARUH MODIFIKASI DOUBLE CVT TERHADAP PERFORMA PADA SEPEDA MOTOR 110 CC. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (318kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (503kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (442kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (617kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUASTAKA.pdf

Download (275kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kondisi jalan di Indonesia yang bervariasi menuntut performa optimal pada sepeda motor, khususnya skuter matic yang menggunakan sistem transmisi cvt. seiring usia pakai, performa CVT cenderung menurun, sementara modifikasi yang umum dilakukan sering hanya berfokus pada peningkatan akselerasi atau kecepatan puncak, bukan keduanya. penelitian ini bertujuan untuk mengetahuin pengaruh modifikasi duoble cvt terahdap top speed, tenaga dan torsi maksimum pada sepeda motor skuter matic 110 cc. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen kuantitatif dengan pengujian performa antara cvt standar dan modifikasi duoble cvt. hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem double cvt memberikan peningkatan performa. pada transmisi double cvt, diperoleh daya maksimum sebesar 14,43 hp @7920 rpm, torsi 9,51 Nm@7920 rpm, dan kecepatan maksimum 146,95 km/j. sedangkan pada cvt standar, daya maksimum hanya 11,21 hp @6600 rpm, torsi 8,92 Nm @6600 rpm, dan kecepatan maksimum 121,97 km/j. dari sisi akselerasi, transmisi double cvt mampu mencapai kecepatan 60,25 km/j dalam waktu 3 detik, lebih tinggi dibanding CVT standar yang hanya mencapai 58,7 km/j. kesimpulannya modifikasi duoble cvt terbukti unggul dibanding sistem standar, karena mampu meningkatkan akselerasi, torsi, daya, dan kecepatan maksimum secara bersamaan. hal ini menjadikan sistem duoble cvt lebih efektif untuk digunakan di kendaraan yang membutuhkan performa tinggi dan kecepatan puncak yang tinggi, seperti pada ajang balap atau berkendara jarak jauh. Kata Kunci: Daya, Double CVT, Kecepatan, Performa Sepedamotor, Skuter Matik, Torsi. ***** Varied road conditions in Indonesia demand optimal performance on motorcycles, especially automatic scooters that use a CVT transmission system. As the service ages, CVT performance tends to decline, while common modifications often focus only on increased acceleration or top speed, not both. This study aims to find out the effect of modification of the Duoble CVT on top speed, power and maximum torque on 110 cc automatic scooter motorcycles. The research method used was a quantitative experiment with performance testing between standard CVT and Duoble CVT modification. The results of the study show that the double CVT system provides improved performance. In the Double CVT transmission, a maximum power of 14.43 hp @7920 rpm, a torque of 9.51 Nm@7920 rpm, and a maximum speed of 146.95 km/h. Meanwhile, in the standard CVT, the maximum power is only 11.21 hp @6600 rpm, torque of 8.92 Nm @6600 rpm, and a maximum speed of 121.97 km/h. In terms of acceleration, the double CVT transmission is able to reach a speed of 60.25 km/h in 3 seconds, higher than the standard CVT which only reaches 58.7 km/h. In conclusion, the modification of the Duoble CVT is proven to be superior to the standard system, because it is able to increase acceleration, torque, power, and maximum speed simultaneously. This makes the Duoble CVT system more effective for use in vehicles that require high performance and high peak speed, such as racing events or long-distance driving. Keywords: Power, Double CVT, Speed, Motorcycle Performance, Automatic Scooter, Torque.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Darwin Rio Budi Syaka, M.T. ; 2). Dr. Phil. Imam Mahir, M.Pd.
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Mesin, Mekanika Teknik
Teknologi dan Ilmu Terapan > Otomotif, Astronotika
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Calvin Oktafian Gunawan .
Date Deposited: 06 Aug 2025 09:12
Last Modified: 06 Aug 2025 09:12
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/58446

Actions (login required)

View Item View Item