PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN RIAS WAJAH CIKATRI PADA KULIT PIGMENTASI BERBASIS CANVA DI SMK LABORATORIUM JAKARTA

LUTHFIYANA, . (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN RIAS WAJAH CIKATRI PADA KULIT PIGMENTASI BERBASIS CANVA DI SMK LABORATORIUM JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (289kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (676kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (908kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (262kB)
[img] Text
LAMPIRAN - LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keragaman sumber belajar digital yang menarik dan tidak adanya materi pembelajaran mandiri. Proyek ini bertujuan untuk membuat e-modul dengan memanfaatkan Canva sebagai media pembelajaran Tata Rias Cikatri pada kulit berpigmen, khususnya untuk program Administrasi Kecantikan di SMK Laboratorium Jakarta. Metodologi penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan dengan menggunakan paradigma pengembangan 4D (define, design, develop, disseminate). Validasi produk dilakukan dengan uji kelayakan oleh ahli materi dan media. Temuan validasi untuk materi II sebesar 93,3%, sedangkan untuk materi II sebesar 98,6%. Hasil validasi ahli media pada tahap I sebesar 92,3%, sedangkan tahap II menghasikan 94,2%. Selanjutnya, peneliti melakukan uji coba praktikalitas kepada siswa di Laboratorium Kecantikan SMK Jakarta. Uji coba pratikalitas dilakukan dalam dua tahap: tahap uji coba one to one dengan tiga siswa, menghasilkan hasil 94,3%, dan uji coba small group dengan sembilan siswa, menghasilkan hasil 95%. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa E-Modul Cikatri Makeup untuk kulit berpigmen valid, layak, dan praktis sebagai media pembelajaran. Kata Kunci: 4D, E-Modul, Media Pembelajaran, Rias Wajah Cikatri resources and the absence of autonomous learning materials. This project aims to create an e-module utilising Canva as a learning medium for Cikatri Makeup on pigmented skin, specifically for the Beauty Administration program at SMK Laboratorium Jakarta. The employed research methodology is research and development utilising the 4D development paradigm (define, design, develop, disseminate). Product validation is conducted by feasibility testing by material and media specialists. The validation findings for material I were 93.3%, while those for material II were 98.6%. The outcomes of media expert validation in stage I were 92.3%, while stage II yielded 94.2%. Subsequently, researchers executed a practicality trial for students at the Jakarta Vocational Beauty Laboratory. The practicality trial was executed in two phases: a one-on-one trial stage with three students, yielding a result of 94.3%, and a small group trial done with nine students, resulting in 95%. The findings of this study demonstrate that the Cikatri Makeup E-Module for Pigmented Skin is legitimate, viable, and practical as a learning medium. Keywords : 4D, E-Module, Learning Media, Cikatri Makeup

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Titin Supiani, M.Pd. ; 2). Dr. Nurul Hidayah, M.Pd.
Subjects: Tata Rias > Tata Rias (Makeup)
Divisions: FT > S1 Pendidikan Tata Rias
Depositing User: Luthfiyana .
Date Deposited: 07 Aug 2025 02:09
Last Modified: 07 Aug 2025 02:09
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/58478

Actions (login required)

View Item View Item