FANI PADILLAH, . (2025) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN RIAS WAJAH FOTO BERWARNA PADA JURUSAN KECANTIKAN SMK FORWARD NUSANTARA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (535kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (548kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (327kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (426kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (527kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Pendidikan merupakan pilar utama dalam pembangunan bangsa, karena berperan dalam menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas. Di Indonesia, pendidikan terbagi menjadi pendidikan formal, nonformal, dan informal. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sebagai bagian dari pendidikan formal memiliki peran strategis dalam mempersiapkan peserta didik untuk memasuki dunia kerja. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada kurang optimalnya metode pembelajaran konvensional pada Jurusan Kecantikan di SMK Forward Nusantara yang hanya menggunakan ceramah dan demonstrasi, sehingga menyebabkan siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi serta tidak dapat mengulang kembali pembelajaran secara mandiri. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengembangkan video pembelajaran rias wajah foto berwarna sebagai media alternatif dalam proses pembelajaran pada Jurusan Kecantikan di SMK Forward Nusantara. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D yang terdiri dari tahap Define, Design, Develop, dan Disseminate. Produk yang dikembangkan berupa video pembelajaran yang telah divalidasi oleh ahli media dan ahli materi. Hasil validasi menunjukkan bahwa video tersebut memenuhi kriteria kelayakan dengan skor 98,2% dari ahli materi dan 93,1% dari ahli media sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran. Selain itu, hasil uji praktikalitas yang melibatkan siswa kelas XI Jurusan Kecantikan menunjukkan bahwa video pembelajaran sangat praktis digunakan, dengan perolehan skor sebesar 98,9% pada uji coba one-to-one dan 98,7% pada uji coba small group. Dengan demikian, video pembelajaran rias wajah foto berwarna yang dikembangkan dalam penelitian ini layak dan praktis untuk digunakan sebagai media pendukung pembelajaran di kelas maupun sebagai sumber belajar mandiri bagi siswa. ***** Education is a fundamental pillar in national development, as it plays a crucial role in creating quality human resources. In Indonesia, education is categorized into formal, non-formal, and informal education. Vocational High Schools (SMK) as part of formal education play a strategic role in preparing students to enter the workforce. This research is based on the lack of optimal conventional learning methods in the Beauty Department at SMK Forward Nusantara, which still relies solely on lectures and demonstrations. As a result, students face difficulties in understanding the material and are unable to revisit the lessons independently. The purpose of this study is to develop a learning video on colored photographic makeup as an alternative media in the learning process for the Beauty Department at SMK Forward Nusantara. This research employs the Research and Development (R&D) method using the 4D development model, which includes the stages of Define, Design, Develop, and Disseminate. The product developed is an instructional video that has been validated by media and subject matter experts. The validation results show that the video meets the eligibility criteria, with a score of 98.2% from the subject matter expert and 93.1% from the media expert, indicating that it is suitable for use in learning. Furthermore, the practicality test involving 11th-grade Beauty Department students shows that the video is highly practical to use, with scores of 98.9% in the one-to-one trial and 98.7% in the small group trial. Therefore, the colored photographic makeup instructional video developed in this study is considered feasible and practical to be used as a supporting medium in classroom learning as well as an independent learning resource for students.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Titin Supiani, M.Pd ; 2). Prof. Dr. Neneng Siti Silfi Ambarwati, S.Si, Apt, M.Si |
Subjects: | Tata Rias > Tata Rias (Makeup) |
Divisions: | FT > S1 Pendidikan Tata Rias |
Depositing User: | FANI PADILLAH . |
Date Deposited: | 07 Aug 2025 02:37 |
Last Modified: | 07 Aug 2025 02:37 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/58508 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |