PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BLOOKET TERHADAP HASIL BELAJAR MURID KELAS VIII SMP NEGERI 92 JAKARTA

NOVITA SARI ELISABET SIHITE, . (2025) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BLOOKET TERHADAP HASIL BELAJAR MURID KELAS VIII SMP NEGERI 92 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (847kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (467kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (910kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (491kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (700kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (261kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran Blooket terhadap hasil belajar murid pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas VIII di SMP Negeri 92 Jakarta. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain quasi-experimental tipe pretest-posttest control group. Sampel berjumlah 69 murid yang dipilih secara acak dan dibagi menjadi dua kelompok yaitu, kelas eksperimen yang menggunakan Blooket, dan kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah dan sesi tanya jawab. Instrumen yang digunakan berupa tes objektif pilihan ganda yang telah diuji validitas, reliabilitas, dan tingkat kesukaran. Hasil uji Wilcoxon menunjukkan nilai signifikansi (Asymp. Sig 2 tailed) < 0,05, yang berarti terdapat pengaruh positif dan signifikan penggunaan Blooket terhadap hasil belajar murid. Dengan demikian, Blooket dapat menjadi alternatif media pembelajaran interaktif yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar murid. ***** This study aims to determine the effect of Blooket learning media on the learning outcomes of eighth-grade students in Social Studies (IPS) at SMP Negeri 92 Jakarta. The method used is quantitative with a quasi-experimental design using the pretest-posttest control group. A total of 69 students were randomly selected and divided into two groups: an experimental class using Blooket and a control class using lecture method and question and answer session. The research instrument was a multiple-choice test that had passed validity, reliability, and difficulty index tests. The Wilcoxon test showed a significance value (Asymp. Sig 2-tailed) < 0.05, indicating a positive and significant effect of Blooket on students’ learning outcomes. Therefore, Blooket can be considered an effective interactive learning media to improve students’ academic performance.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Desy Safitri, M.Si. ; 2). Saipiatuddin, M.Si.
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIS > S1 Pendidikan IPS
Depositing User: Novita Sari Elisabet Sihite .
Date Deposited: 08 Aug 2025 06:04
Last Modified: 08 Aug 2025 06:04
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/58535

Actions (login required)

View Item View Item