PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN GIMKIT TERHADAP MINAT BELAJAR MURID MATA PELAJARAN IPS KELAS VII DI SMP NEGERI 92 JAKARTA

SAFFANA ALZAHRA, . (2025) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN GIMKIT TERHADAP MINAT BELAJAR MURID MATA PELAJARAN IPS KELAS VII DI SMP NEGERI 92 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (926kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (455kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (893kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (582kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (571kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (377kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (306kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran Gimkit (knockback) terhadap minat belajar murid pada mata pelajaran IPS kelas VII di SMP Negeri 92 Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan Quasi-Eksperimen atau Eksperimen Semu dengan desain Post-test Only, Non-Equivalent Control Group Design. Populasi penelitian mencakup seluruh murid kelas VII sebanyak 249 murid, dengan sampel penelitian berjumlah 70 murid yang dibagi menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing 35 murid. Instrumen yang digunakan adalah angket minat belajar yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil analisis data menggunakan uji independent sample t-test tersebut dimana nilai Sig. (2-tailed) 0,048 < 0,05, yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara kelas eksperimen dan kontrol. Temuan ini menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran Gimkit (knockback) berpengaruh positif terhadap peningkatan minat belajar murid dalam pembelajaran IPS. Oleh karena itu, Gimkit (knockback) dapat dijadikan sebagai alternatif media pembelajaran inovatif untuk meningkatkan keterlibatan dan motivasi belajar murid di kelas.***** This study aims to determine the effect of using Gimkit (knockback) learning media on student learning interest in social studies class VII at SMP Negeri 92 Jakarta. The method used in this research is quantitative with Quasi-Experiment with Post-test Only design, Non-Equivalent Control Group Design. The research population included all seventh grade students as many as 249 students, with a research sample of 70 students divided into experimental and control classes of 35 students each. The instrument used was a learning interest questionnaire that had been tested for validity and reliability. The results of data analysis using the independent sample t-test where the value of Sig. (2-tailed) 0.048 <0.05, which means there is a significant difference between the experimental and control classes. This finding shows that the use of Gimkit (knockback) learning media has a positive effect on increasing students' interest in learning social studies. Therefore, Gimkit (knockback) can be used as an alternative innovative learning media to increase students' engagement and motivation to learn in the classroom.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Desy Safitri, M.Si. ; 2). Dr. Sujarwo, M.Pd.
Subjects: Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIS > S1 Pendidikan IPS
Depositing User: Saffana alzahra .
Date Deposited: 07 Aug 2025 02:36
Last Modified: 07 Aug 2025 02:36
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/58549

Actions (login required)

View Item View Item