DANANG RAHMAT VIAGUNG, . (2025) PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS PjBL PADA MATERI INSTALASI AIR BERSIH DAN AIR KOTOR DI SMKN 6 BEKASI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (780kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (134kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (591kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (438kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (194kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (269kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan menghasilkan media E-LKPD untuk materi instalasi air bersih dan air kotor untuk kelas XI DPIB di SMKN 6 Bekasi. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Penilaian media dilakukan oleh dua ahli materi dan media, serta uji coba pengguna. Hasil yang diperoleh validasi dari kedua ahli materi adalah 97% berkategori “Sangat Layak”. Sementara hasil validasi dari kedua ahli media diperoleh nilai 86% berkategori “Sangat Layak”. Untuk hasil uji coba peserta pada kelompok kecil 33 peserta didik diperoleh rata-rata hasil belajar E-LKPD 1 84,09 dan E-LKPD 2 adalah 83,18. Nilai ini menunjukkan bahwa peserta didik berhasil mendapatkan hasil belajar diatas nilai KKM yaitu 80. Pada tahap uji perorangan (one to one) dilaksanakan dengan wawancara memperoleh fakta bahwa telah memenuhi aspek keterbacaan, ketepatan materi, dan kesesuaian tampilan visual. Peserta menilai isi materi akurat, runtut, relevan, dan mudah dipahami, serta langkah-langkah PjBL yang disusun sudah jelas dan sesuai praktik pembelajaran. Sementara hasil dari uji penilaian pengalaman peserta terhadap media dilakukan dengan menggunakan instrumen User Experience Questionnaire menunjukkan hasil sangat baik pada Daya Tarik memperoleh skor 2,15 (x ≥ 1,75), Kejelasan 1,94 (x ≥ 1,90), Efisiensi 2,14 (x ≥ 1,78), Ketepatan 2,16 (x ≥ 1,65), Simulasi 2,05 (x ≥ 1,55), dan Kebaruan 2,11 (x ≥ 1,40). Seluruh aspek tergolong “Sangat Baik”, yang berarti media ini menarik, mudah dipahami, cepat diakses, sesuai dengan kebutuhan, membangkitkan semangat belajar, serta inovatif. Dengan demikian, media E-LKPD yang dikembangkan dinyatakan layak dan efektif dalam mendukung pencapaian kompetensi dasar siswa. ***** This development research aims to produce an E-LKPD (Electronic Student Worksheet) for the subject of clean and wastewater installation for Grade XI DPIB students at SMKN 6 Bekasi. The study employs the ADDIE development model (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). The media was assessed by two subject matter experts and two media experts, as well as through user trials. Validation results from both subject experts yielded a score of 97%, categorized as “Highly Feasible,” while media experts gave a score of 86%, also categorized as “Highly Feasible.” Small group trials with 33 students resulted in an average learning outcome of 84.09 for E-LKPD 1 and 83.18 for E-LKPD 2, both exceeding the minimum passing grade of 80. One-to-one testing through interviews revealed that the media met aspects of readability, material accuracy, and visual design. Students evaluated the content as accurate, coherent, relevant, and easy to understand, with clear and practical PjBL steps. Furthermore, students’ experience with the media, assessed using the User Experience Questionnaire, showed excellent results: Attractiveness scored 2.15 (x ≥ 1.75), Clarity 1.94 (x ≥ 1.90), Efficiency 2.14 (x ≥ 1.78), Accuracy 2.16 (x ≥ 1.65), Stimulation 2.05 (x ≥ 1.55), and Novelty 2.11 (x ≥ 1.40). All aspects fell into the “Excellent” category, indicating that the media is engaging, easy to understand, fast to use, meets learner needs, fosters learning motivation, and is innovative. Thus, the developed E-LKPD is considered feasible and effective in supporting the achievement of students’ basic competencies.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). R. Eka Murtinugraha, M.Pd ; 2). Prof. Dr. Tuti Iriani, M.Si |
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Sipil Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Lingkungan, Teknik Sanitasi Teknologi dan Ilmu Terapan > Konstruksi Bangunan |
Divisions: | FT > S1 Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Danang Rahmat Viagung . |
Date Deposited: | 08 Aug 2025 06:13 |
Last Modified: | 08 Aug 2025 06:13 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/58561 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |