PENGEMBANGAN INSTRUMEN LINGKUNGAN PEMBELAJARAN PADA PENDIDIKAN JARAK JAUH DI UNIVERSITAS TERBUKA

LISA DWI NINGTYAS, . (2025) PENGEMBANGAN INSTRUMEN LINGKUNGAN PEMBELAJARAN PADA PENDIDIKAN JARAK JAUH DI UNIVERSITAS TERBUKA. Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
01. Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. Bab I.pdf

Download (600kB)
[img] Text
03. Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
04. Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (843kB) | Request a copy
[img] Text
05. Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
06. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB) | Request a copy
[img] Text
07. Daftar Pustaka.pdf

Download (421kB)
[img] Text
08. Lampiran dan Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan instrumen lingkungan belajar yang didasari oleh teori pendidikan jarak jauh (distance learning) dengan rancangan khusus pada faktor sensitif budaya pada lingkungan belajarnya sebagai grand theory yang digunakan. Maka dari itu, dalam rancangan instrumen lingkungan belajar ini memerlukan keterkaitan yang mengacu pada three social organization dimension dari Moos (1979) dan empat dimensi dari Geert Hofstede & Michael H. Bond (1984). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen lingkungan belajar pendidikan jarak jauh untuk Universitas Terbuka yang dapat digunakan di perguruan tinggi di Indonesia yang menyelenggarakan pendidikan jarak jauh. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan instrumen dengan pendekatan penelitian eksploratori metode campuran sekuensial dengan menggunakan sampel sebanyak 912 mahasiswa yang tersebar di seluruh Indonesia. Hasil penelitian ini memperoleh tingkat reliabilitas pada rentang -4≤ θ≤+2 yang dikaitkan dengan reliabilitas estimasi antara 0,80 dan 0,95. Hal ini menunjukkan bahwa instrumen ini dapat mengukur secara mantap keadaan sebenarnya lingkungan belajar mengajar pendidikan jarak jauh di Universitas Terbuka. Diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan kontribusi dalam upaya menjaga kualitas lingkungan pembelajaran jarak jauh pada pendidikan tinggi di Indonesia melalui pengembangan instrumen lingkungan pembelajaran jarak jauh bagi Universitas Terbuka sebagai bentuk refleksi mahasiswa Universitas Terbuka terhadap bahan ajar dan evaluasinya bagi sivitas akademika Universitas Terbuka. ***** This study uses a distance learning theory-based learning environment instrument development research with a unique design for culturally sensitive factors in the learning environment as the grand theory used. Therefore, the planning of this learning environment instrument requires a relationship that refers to the three dimensions of social organization from Moos (1979) and the fourth dimension from Geert Hofstede and Michael H. Bond (1984). This study aims to develop a distance education learning environment instrument for Open University that can be used in universities in Indonesia that provide distance education. This type of research is instrument development research with a sequential mixed methods exploratory research approach using a sample of 912 students spread throughout Indonesia. The results of this study obtained a level of reliability in the range of -4≤ θ≤+2 is associated with an estimated reliability between 0.80 and 0.95. This shows that this instrument can steadily measure the actual state of distance education teaching and learning environment at Open University. It is expected that the results of this study can contribute to maintaining the quality of the distance learning environment in higher education in Indonesia through the development of distance learning environment instruments for the Open University as a form of reflection by Open University students on teaching materials and their evaluation for the Open University academic community.

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1). Prof. Yuli Rahmawati, Ph.D.; 2). Dr. Riyadi, M.T.
Subjects: Pendidikan > Evaluasi Pendidikan
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Divisions: PASCASARJANA > S3 Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Lisa Dwi Ningtyas .
Date Deposited: 21 Oct 2025 08:27
Last Modified: 21 Oct 2025 08:27
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/58754

Actions (login required)

View Item View Item