ROZA QOBI HANDAYANI, . (2025) PENGARUH SOSIALISASI KEBENCANAAN TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN PESERTA DIDIK TENTANG BENCANA BANJIR DI SMAN 113 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (900kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (364kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (484kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (751kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (574kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (216kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (256kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Provinsi DKI Jakarta merupakan wilayah yang rentan terhadap banjir karena 40% wilayahnya berupa dataran rendah yang sebagian berada di bawah permukaan laut, kontur yang miring, curah hujan tinggi, serta dilalui oleh 13 sungai yang bermuara ke Teluk Jakarta. Untuk mengurangi risiko dari terjadinya bencana, peningkatan pemahaman melalui pengetahuan memiliki urgensi yang penting. Sosialisasi adalah salah satu cara yang dapat dilakukan guna meningkatkan pengetahuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sosialisasi kebencanaan terhadap tingkat pengetahuan peserta didik tentang bencana banjir di SMAN 113 Jakarta. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan desain pretest-posttest yang melibatkan 85 peserta didik sebagai sampel. Teknik analisis data yang di gunakan peneliti adalah Paired T-Test. Sosialisasi dilakukan dengan memberikan pembekalan materi tentang bencana banjir. Hasil uji statistik menunjukkan peningkatan signifikan pada pengetahuan peserta didik setelah mengikuti sosialisasi. Sebelum sosialisasi, rata-rata nilai pengetahuan siswa sebesar 55 dan setelah sosialisasi, rata-rata meningkat menjadi 75. Berdasarkan hasil analisis data uji paired t-test diperoleh nilai signifikansi (Sig) sebesar 0,000. Dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,050 maka Ha diterima H0 ditolak. Kata Kunci: Sosialisasi, Pengetahuan, Bencana, Banjir ***** DKI Jakarta Province is an area that is prone to flooding because 40% of its area is in the form of lowlands that are partly below sea level, sloping contours, high rainfall, and are traversed by 13 rivers that flow into Jakarta Bay. To reduce the risk of disasters, increasing understanding through knowledge has an important urgency. Socialization is one way that can be done to increase knowledge. This study aims to determine the influence of disaster socialization on the level of students' knowledge about flood disasters at SMAN 113 Jakarta. The study used a quantitative method with a pretest-posttest design involving 85 students as a sample. The data analysis technique used by the researcher is the Paired T-Test. Socialization was carried out by providing material briefings about flood disasters. The results of the statistical test showed a significant increase in students' knowledge after participating in socialization. Before socialization, the average knowledge score of students was 55 and after socialization, the average increased to 75. Based on the results of the analysis of the paired t-test data, a significance value (Sig) of 0.000 was obtained. With a significance value of 0.000 < 0.050, Ha is accepted H0 is rejected. Keywords: Socialization, Knowledge, Disaster, Flood
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Sucahyanto, M.Si. ; 2). Prof. Dr. Cahyadi Setiawan, S.Si., M.Si. |
Subjects: | Geografi, Antropologi > Geografi |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Users 28526 not found. |
Date Deposited: | 07 Aug 2025 08:36 |
Last Modified: | 07 Aug 2025 08:36 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/58806 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |