PERBEDAAN ANTARA PENGGUNAAN MEDIA GOOGLE EARTH DENGAN GAMBAR CITRA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENGINDERAAN JAUH DI SMAN 8 JAKARTA

DEVI INDAH FITRIYANI, . (2025) PERBEDAAN ANTARA PENGGUNAAN MEDIA GOOGLE EARTH DENGAN GAMBAR CITRA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENGINDERAAN JAUH DI SMAN 8 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (942kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (315kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (472kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (663kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (904kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (379kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara penggunaan media Google Earth dan media gambar citra pada materi Penginderaan Jauh di SMAN 8 Jakarta. Metode yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Sampel terdiri atas 70 siswa kelas X yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan media Google Earth dan kelas kontrol yang menggunakan gambar citra. Data dikumpulkan melalui observasi, tes (pre-test dan post-test), serta dokumentasi. Uji validitas dan reliabilitas dilakukan untuk memastikan kualitas instrumen, dilanjutkan dengan uji normalitas, homogenitas, dan uji Independent Sample t-Test menggunakan SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan pada hasil belajar antara kedua kelompok, dengan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Temuan ini menunjukkan bahwa media Google Earth dapat dijadikan sebagai alternatif pilihan dalam pembelajaran Penginderaan Jauh. Diharapkan hasil penelitian ini menjadi rujukan bagi guru dalam mengembangkan pembelajaran yang lebih interaktif di era digital. Kata Kunci : Google Earth, hasil belajar, penginderaan jauh, media pembelajaran. ********This study aims to identify the difference in students’ learning outcomes between the use of Google Earth media and satellite imagery media in the Remote Sensing material at SMAN 8 Jakarta. The method used is a quasi-experimental design with a Nonequivalent Control Group Design. The sample consisted of 70 tenth-grade students divided into two groups: the experimental class, which used Google Earth, and the control class, which used satellite imagery. Data were collected through observation, tests (pre-test and post-test), and documentation. Instrument validity and reliability tests were conducted to ensure the quality of the instruments, followed by tests for normality, homogeneity, and an Independent Sample t-Test using SPSS 26. The results showed a significant difference in learning outcomes between the two groups, with a Sig. (2-tailed) value of 0.000 < 0.05. These findings indicate that Google Earth can serve as an alternative option in teaching Remote Sensing. It is expected that the results of this study can serve as a reference for teachers in developing more interactive learning in the digital era. Keywords : Google Earth, learning outcomes, remote sensing, learning media

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1. Prof. Dr. Sc Ahman Sya. M.Sc. ; 2. Prof. Dr. Cahyadi Setiawan, S.Si., M.Si.
Subjects: Geografi, Antropologi > Geografi
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Devi Indah Fitriyani .
Date Deposited: 07 Aug 2025 08:27
Last Modified: 07 Aug 2025 08:27
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/58849

Actions (login required)

View Item View Item